Empat Pilar Kebangsaan Benteng dari Masuknya Paham Radikal

  • Share
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan Doa Untuk Bangsa dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Salaf Sulaiman, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (06/12/2022). (Foto: Istimewa)

BeritaGresik,com – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengatakan, empat pilar kebangsaan merupakan benteng bagi setiap diri manusia Indonesia dalam menghadapi berbagai serbuan paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, khususnya paham radikal.

Hal itu disampaikan Arwani dalam kegiatan Doa Untuk Bangsa dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Salaf Sulaiman, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (06/12/2022).

“Merebaknya paham tersebut belakangan ini sangat berkorelasi dengan melemahnya wawasan kebangsaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Masuknya paham radikal (radikalisme) berpotensi melahirkan ancaman bagi persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Arwani.

Dia menjelaskan, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang plural yang terdiri atas beragam suku, budaya daerah dan agama.  Semua itu dikatakan mengandung potensi konflik yang dapat merugikan dan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

“Itu merupakan tantangan yang dihadapi setiap negara di dunia ini dalam era globalisasi, dimana hampir tidak ada batasan dan tidak ada kendala dalam hal akses teknologi dan informasi,” ucapnya.

Karena itu, anggota Komisi I DPR itu menekankan pentingnya dilakukan penguatan wawasan kebangsaan, terutama di kalangan generasi muda sebagai tulang punggung dan penentu masa depan bangsa. (as)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *