Bupati Gresik Fandi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021

  • Share

BeritaGresik.com – Menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Gresik mengadakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten Gresik, Kamis (23/12/21).

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan yakni, Jajaran Polres Gresik, Jajaran Kodim 0817 Gresik, Denpom dan Subkogartap 0817 Gresik, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Apel Gelar pasukan dipimpin langsung oleh Bupati Gus Yani didampingi Kapolres Gresik dan Dandim 0817 Gresik.

_Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa Gus Yani ini menyampaikan, Apel Gelar Pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 secara aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, PEMDA dan Mitra Kamtibmas Lainnya.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat tempat wisata tentunya akan terjadi peningkatan aktifitas yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas, dan pelanggaran Protokol Kesehatan Covid 19,”terangnya.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022,”tambahnya.

Menurutnya selama pelaksanaan tetap dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif secara Humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan Profesional dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,”imbuhnya.

_Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personil instansi terkait lainnya.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dll.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi, diantaranya ancaman Terorisme dan Radikalisme, ancaman Sabotase, penyalahgunaan Narkoba, Pesta Miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan,”tuturnya.

Bupati Gus Yani berharap seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan di masing masing daerah,”tegasnya. (abr)

banner 120x600
  • Share