Peserta Sail To Indonesia Chapter Bawean, Belajar Membatik di Ponpes Penaber

  • Share
Salah seorang Peserta Sail To Indonesia, Belajar Membatik di Ponpes Penaber

BeritaGresik.com – Puluhan Turis asing peserta Sail to Indonesia Chapter Bawean 2023 berkunjung ke Pondok Pesantren Penaber di Dusun Paginda Desa Sukaoneng Kecamatan Tambak Pulau Bawean, Senin (17/10/2023).

Sesampainya di komplek Ponpes Penaber para turis dari berbagai negara tersebut langsung disuguhi dengan penampilan Seni Dhungka dan Tari Samman.

Selain itu, Santri-santri penaber juga memperagakan permainan tradisional Jeltik (pati lele), dan permainan gheseng (gasing).

Melihat permainan tradisional tersebut, Oliver bocah 10 tahun dan adiknya Elliot yang baru berusia 5 tahun asal Canada langsung ingin mencoba permainan Jeltik. Oliver dan adiknya Elliot kemudian bergantian mencoba permainan tradisional yang menggunakan peratan kayu tersebut. Brian dan Elliot nampak begitu bersemangat dalam mencoba setiap permainan, apalagi para santri juga ikut memberikan semangat tepuk tangan kepada kedua bocah asal Canada itu.

Brian, salah seorang peserta Sail asal Canada mengaku sangat senang datang ke Ponpes Penaber karena dinilainya masih mampu mempertahankan nilai-nilai tradisi lokal di tengah derasnya gempuran era teknologi dan digital.

“Saya sangat senang, ini sangat tradisional, lihat anak-anak saya langsung mencoba permainan itu, “kata Brian Sambil menujuk anaknya yang bermain Jentik ditemani para Santri.

Selain itu, beberapa orang turis juga ikut mencoba praktek membatik yang sudah disiapkan oleh anak-anak santri, dengan sangat hati-hati mereka ikut melukis diatas kain mengikuti pola yang sudah disiapkan.

Pengasuh Ponpes Penaber, Kiai Mustafa mengatakan kedatangan para Turis manca negara ke pesantren yang diasuhnya justru semakin memotivasi dirinya untuk terus mempertahankan nilai-nilai budaya lokal.

“Kedatangan mereka kesini ada nilai motivasi untuk anak-anak santri, bahkan kita semakin bergairah untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Bawean, “tuturnya.

Dia menambahkan, bukan kali ini saja Pesantren Penaber kedatangan tamu warga Asing, bahkan setiap even Sail Ponpes Penaber selalu menjadi salah satu tujuan mereka singgah di Pulau Bawean. (abr)

banner 120x600
  • Share