Berkunjung ke Ponpes Penaber, Wisatawan Peserta Sail Terpukau dengan Tari Samman dan Batik Karya Anak Santri

Pesera Sail ikut menari menirukan gerakan tarian Samman

BeritaGresik.com – Puluhan turis dari berbagai negara yang ikut sebagai peserta Wonderfull Sail to Indonesaia 2024 di Pulau Bawean berkunjung ke Pondok Pesantren Penaber yang ada di dusun Paginda desa Sukaoneng kecamatan Tambak Bawean kabupaten Gresik, Kamis (17/10/2024).

Kedatangan para peserta Sail tersebut dalam rangka menikmati sajian wisata budaya yang ada di Ponpes yang diasuh oleh kiai Mustafa.

Aneka pagelaran budaya yang disuguhkan oleh santri-santri Penaber antara lain Kercengan, Tari Samman, korcak dan musik Dhungga yang mengiringi lagu-lagu dengan syair bahasa lokal Bawean.

Turis Peserta Sail membeli batik karya anak santri Penaber

Terlihat para wisatawan manca negara tersebut sangat menikmati berbagai kesenian yang ditampilkan oleh para santri. Bahkan dua orang wisatawan sangat merasa terhibur dan ikut

Sontak saja dua orang turis langsung ikut menari di depan paggung menirukan gerakan tarian Samman yang diperagakan oleh para santri laki-laki.

Selain itu, para wisatawan juga berkesempatan melihat praktek pembuatan batik tulis yang ada di rumah produksi ponpes penaber.

Mereka akhirnya banyak yang berminat membeli batik dari penaber dengan aneka motif yang dilukis bercirikan khas Pulau Bawean, diantara motif rusa Bawean, motif dhurung dan padi, kayu sentigi dan berbagai motif lainnya.

Lesbeth Debruyn turis peserta Sail berkebangsaan Belgia diantaranya yang tertarik membeli batik khas Bawean ini, dia mengatakan tertarik membeli batik dengan alasan karena proses pembuatannya yang unik.

“Saya tertarik karena proses pembuatannya hanya dilukis dengan tangan saja, ini pasti sulit membuatnya dan dibutuhkan berapa hari untuk dapat menyelesaikan satu helai batik saja, “katanya.

Sementara itu Han Van der Valk yang juga warga negara Belgia merasa sangat terkesan dengan irama musik dhungka.

“Alat musik ini sangat unik, saya sangat terkesan, “katanya. (abr)

Baca juga : Penuhi Tuntutan Aliansi Gaprak, Pemkab Gresik Sepakat Utamakan Pekerja Lokal

pesera Sail ikut menari menirukan gerakan tarian Samman