Warga Sempat Panik, Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran

  • Share

BeritaGresik.com – Gunung Semeru di kabupaten Lumajang Jawa Timur kembali mengeluarkan awan panas guguran, Kamis (16/12/2021), sekitar pukul 09.00 WIB.

Perisriwa yang tiba-tiba ini membuat para relawan dan warga Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang panik dan berlarian untuk menyelamatkan diri.

Kepala desa Supiturang Nurul Yakin membernarkan peristiwa erupsi yang sempat membuat warganya panik, dan segera berlari menuju tempat pengungsian.
“Iya tadi ada erupsi, cuma sekarang sudah aman, warga lari ke tempat pengungsian. Tapi sudah mereda baru saja ini,” terang Nurul Yakin.

Meski sempat membuat warganya panik Nurul Yakin memastikan tidak ada dampak lanjutan apa-apa, bahkan warganya kembali kondusif ketika mengetahui bahwa erupsi susulan yang terjadi hanya berlangsung sebentar.
“Tidak ada dampak lanjutan, hanya panik sebentar, “tambahnya.

Nurul yakin mengimbau agar warganya tetap waspada dan tidak harus panik jika ada erupsi lagi.
“Imbauan saya kepada seluruh warga Desa Supiturang jangan panik kalau lari. Kita semua berdoa kepada yang maha kuasa biar kita semua selamat. Kalau kita larinya panik terburu-buru nanti kita malah jatuh,” imbaunya.

Terjadinya kembali erupsi susulan dan guguran awan panas ini dibenarkan juga oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm yang berlangsung selama 912 detik. Dengan jarak luncur 4,5 kilometer dari puncak arah Besuk Kobokan.
“Alhamduillah sementara berangsur normal, tim masih stay di jalur evakuasi. Mudah-mudahan tidak ada guguran susulan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Dia mengimbau agar sementara ini masyarakat tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi, dan warga perlu mewaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan, sungai atau lembah yg berhulu di Gunung Semeru, hal itu mengingat banyaknya material vulkanik yg sudah terbentuk. (abr)

banner 120x600
  • Share