Tingkatkan Keterampilan, 42 Pekerja Lokal Gresik ikut Pelatihan Ke Cina

  • Share
42 Karyawan lokal Gresik Siap Berangkat Ikut pelatihan ke Cina

BertaGresik.com – Sebanyak 42 karyawan lokal Gresik diberangkat ke Gansu Cina untuk mengikuti pelatihan tenaga kerja selama 3 bulan di bidang Copper Foil (foil tembaga). Pemberangkatan 42 orang karyawan lokal tersebut dilepas langsung oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah.

Pelepasan itu, diakomodir oleh PT Hailiang Nova Material Indonesia bertujuan untuk mempercepat rekrutmen pekerja Indonesia dan meningkatkan keterampilan pekerja lokal di bidang Copper Foil (foil tembaga). Serta mendukung pengembangan mata rantai industri listrik energi baru Indonesia. Dalam hal ini, pelatihan tersebut.

Pada kesempatan itu Wabup menuturkan, setelah pulang menempuh pelatihan di negeri China. Tenaga kerja lokal ini akan bisa mengimplementasikan keahliannya, dengan mengoperasikan bagian-bagian penting dari proses produksi di PT Hailiang Nova Material Indonesia, yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) ini.

“Pekerja lokal juga harus kompeten bekerja di perusahaan ini, apalagi kalau mereka diberikan pelatihan secara berkesinambungan,” tuturnya, di ruang integrasi gedung JIIPE lantai 2, Kamis (5/10/2023).

Bu Min, pekerja yang akan mengikuti pelatihan di China harus sungguh-sungguh. Dapatkan ilmu sebanyak banyaknya disana dan tunjukkan bahwa orang Indonesia itu bisa dan produktif.

“Ini kesempatan dalam meningkatkan kemampuan. Tidak hanya secara teknis namun kualitas SDM Indonesia,” pesannya.

Wabup berharap keberadaan PT Hailiang yang berada di kawasan ekonomi khusus (KEK)  dapat memberikan efek terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat setidaknya harus dapat menyerap 90% tenaga kerja lokal.

“Dengan demikian secara otomatis, ekonomi masyarakat Kabupaten Gresik akan meningkat. Sebab menyerap cukup banyak tenaga kerja asal Gresik yang akan dipekerjakan,” harapnya.

“Tidak ketinggalan, skill dan teknologi yang harus diserap dan pelajari disana. Kita harus bisa bersaing dalam  keterampilan di persaingan dunia industri,” tambahnya. Hadir dalam pelepasan, CEO PT. Hailiang Nova Material Indonesia Jiang Feng, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi Jawa Timur Dyah Wahyu Ermawati, serta Kepala DPMPTSP Kabupaten Gresik Agung Endro Dwi Setyo Utomo. (abr)

  • Share
Exit mobile version