PSB Usulkan Tambahan Jadwal Penerbangan Bawean – Juanda

  • Share

BeritaGresik.com – Pulau Bawean punya sebutan Icon Balinya Jatim. Pengkultusan itu disampaikan Soekarwo saat menjabat sebagai Gubernur Jatim. Dengan melihat potensi wisata dan kekayaan alam di Pulau Putri sebutan lain Pulau Bawean. Apalagi sejak awal bulan Januari tahun 2016 di Pulau Bawean sudah beroperasi akses transportasi udara bandara Harun Thohir di Desa Tanjungori Pulau Bawean.

Hal tersebut tentu menjadi pekerjaan rumah untuk para stekholder masyarakat bawean untuk bisa memanfaatkan akses transportasi udara itu. Tidak terkecuali para tokoh masyarakat yang tergabung di Persatuan Saudagar Bawean (PSB), karena salah satu faktor pendukung berkembangnya pariwisata di suatu daerah juga ditopang oleh keberadaan lapangan terbang (Lapter) sebagai sarana pendukung untuk lebih memudahkan mendatangkan wisatawan.

Perwakilan pengurus PSB Muhammad Nuh menjelaskan, lapter Bandara Harun Thohir sangat perlu berbenah dengan peningkatan pelayanan. “Baik dalam hal kenyamanan penumpang dan menambah volume rutenya terutama jalur Juanda pulang pergi (PP) di hari wekend (Jumat, Sabtu, Minggu) untuk memudahkan akses liburan wisatawan mancanegara,” ungkapnya, Kamis (20/1/2022).

Menurutnya, Pulau Bawean sudah dilabeli Icon sentra wisata bahari Jawa Timur bahkan Balinya Jatim. Pekerjaan rumah bersama khususnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bisa mempunyai kesamaan konsep agar usulan ini bisa terlealisasi.

“Pemkab Gresik perlu membuat Perda tentang Industrialisasi Parawisata, dengan target bisa membawa dampak besar bagi masyarakat bawean. Diantaranya, legalisasi sentra-sentra wisata, usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Bawean makin bertumbuh, ada banyak bidang jasa, lapangan pekerjaan, dan memanah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Gresik,” beber mantan Direktur Pariwisata BUMD Malang itu.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Harun Tohir Gresik Tata Surya mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Koordinator Wilayah (Korwil) Sumenep untuk usulan tambahan jadwal penerbangan Susi Air.

“Itu pasti ada penggeseran jadwal, dan kami masih koordinasi dengan Korwil Sumenep. Karena di Jatim Korwilnya itu di Sumenep,” ucapnya, Kamis (20/1/2022).

Diakuinya jadwal jadwal penerbangan perintis bandara Harun Tohir memang belum ada di hari wekend Jumat, Sabtu, Minggu. Sementara jadwalnya hari Senin, Selasa, dan Kamis.

“Kami juga akan membuat tembusan ke direktorat angkatan udara untuk tambahan jadwal di hari wekend ini bandara Harun Tohir ini,” ujarnya.

Namun demikian, sangat disayangkan dalam pertemuan tersebut unsur Asosiasi Kepala Desa (AKD) Tambak dan Sangkpura tidak dilibatkan karena tidak mendapat undangan (abr)

  • Share
Exit mobile version