Prihatin Nasib Korban Erupsi Semeru, Seniman Gresik Lelang Dua Lukisan

  • Share

BeritaGresik.com – Bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik tergerak. Lembaga yang membidangi cendikian muslim tersebut berniat membantu para korban dengan cara melelang lukisan karya anggotanya.

Lukisan yang akan dilelang adalah milik Kak Komang dari Komisi Seni dan Budaya MUI Gresik. Ada dua lukisan yang dilelang hasilnya akan diserahkan ke korban bencana.

Kedua lukisan bergambar masjid dan lafadz arab itu memiliki filosofi sendiri. Komang menginginkan setiap penikmat seni yang melihat lulisannya, secara tidak langsung ikut berdzikir kepada Allah dan bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

“Dua lukisan karya itu saya hibahkan untuk korban bencana alam Gunung Semeru,” kata Pria 44 tahun yang juga anggota Komisi Seni dan Budaya MUI Gresik itu, Rabu (8/12/2021).

Biasanya, karya lukisan seniman yang memiliki nama lengkap Komang Jaya Upadana itu rata-rata seharga jutaan rupiah. Kendati demikian, dalam dua lukisan kali ini, ia mengaku pasrah siapapun pembelinya, hasilnya akan diserahkan ke korban di Lumajang.

“Bagi Anda yang tertarik ingin menikmati karya yang saya lelang, silakan menghubungi kantor MUI Gresik di area kompleks Masjid Agung Gresik,” bebernya.

Sedikit informasi tentang Kak Komang, dia adalah seniman lukis yang menempuh karirnya sebagai pelukis. Ia aktif mengambar sejak 1997 dengan genre lukis sketsa wajah. Kemudian pada tahuan 2000 alumnus Universitas Negeri Jember (UNEJ) mulai aktif melukis di media kanvas.

Selama menjadi mahasiswa, Kak Komang juga aktif di dunia dongeng anak-anak. Keahlian itu nyatanya ditekuni hingga sekarang. Tak sedikit anak-anak banyak yang terhibur dengan aksi kocaknya. “Selain aktif di MUI di bidang kesenian saya juga masuk dalam organisasi Gresik Seni Rupa (Gasruk). Alhamdulillah masih saya tekuni,” terangnya. (abr)

  • Share
Exit mobile version