Peserta Jambore dan PW Kwarcab Gresik 2023 Diangkut Kapal Perang Teluk Banten Menuju Pulau Bawean

  • Share

BeritaGresik.com – Ratusan Peserta Kegiatan Jambore dan Perkemahan Wirakarya (PW) Kwartir Cabang Gresik di Pulau Bawean diangkut kapal perang LST Teluk Banten, Kamis (12/10/2023)

Sekretaris Kwarcab Gresik, Kartini mengatakan dengan diangkut kapal perang milik TNI AL peserta perkemahan yang akan bertolak ke Pulau Bawean jauh lebih praktis dibandingkan ikut kapal yang penumpang yang biasa melayani penyebrangan Gresik Bawean, pasalnya dengan diangkut kapal petang peserta bisa terangkut jadi satu secara bersamaan. 

Selain itu kata Kartini anak-anak peserta perkemahan punya pengamalan dan juga ada nilai pendidikan tentang TNI khususnya Angkatan Laut.

“Jika menggunakan armada kapal Gili Iyang,  selain tidak bisa diangkut jadi satu, juga harus terpisah ada yang berangkat dari pelabuhan Gresik, sebagian juga harus dari pelabuhan Paciran Lamongan.

Ditambahkan, peserta putra-putri Jambore sekitar 636 Pramuka Penggalang, termasuk puluhan Pramuka dewasa sebagai pendamping, Sedangkan untuk peserta PW sekitar 375 Pramuka Penegak.

Sementara menurut Nur Sehat pimpinan kontingen dari Kwaran Balongpanggang, kegiatan jambore dan perkemahan tahun ini merupakan yang paling istimewa, karena  diadakan di Pulau Bawean sebagai wilayah Gresik yang terpisah dari daratan Pulau Jawa,  juga berkesempatan menaiki kapal perang yang tidak semua orang memiliki kesempatan ini, sehingga mempunyai nilai dan kesan tersendiri buat adik adik Pramuka. (abr)

banner 120x600
  • Share