Ingat, Ini Vaksin Booster Untuk Warga Gresik

  • Share
Jajaran Forkopimda Gresik saat melakukan vaksinasi booster secara simbolis di RSUD Ibnu Sina Gresik

BeritaGresik.com – pemerintah kabupate Gresik sudah mulai melakukan vaksinasi booster serentak di beberapa Rumah Sakit, hari ini Rabu (12/01/2022).

Untuk diketahui jenis vaksin booster bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi jenis Sinovac, vaksin boosternya bisa jenis Astrazeneca, dan Pfizer, dan bagi yang sudah melakukan vaksin jenis Astrazeneca bisa menggunakan vaksin jenis Moderna.

“Aturan dari Pusat Kemenkes setengah dosis untuk vaksin booster,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Gresik dr Mukhibatul Khusnah saat mengikuti acara simbolis vaksinasi booster di RSUD Ibnu Sina Gresik.

Tetapi menurut Khusuna, jika sebelumnya masyarakat sudah menerima vaksin jenis Pfizer dan Moderna saat ini belum ada petunjuk dan arahan dari Pusat.

“Sementara bagi yang sudah vaksin jenis vaksin Pfizer dan Moderna belum ada petunjuk dari Pusat,” ucap Khusna.

Adapun untuk kouta dan jenis vaksin booster ini di beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas akan disesuaikan dengan data sebelumnya. Masyarakat cukup membawa KTP, menunjukkan sertifikat vaksin, atau bisa gunakan aplikasi peduli lindungi untuk lakukan vaksin booster ini.

“Masing-masing Puskesmas sudah punya sasaran masing-masing, sehingga nanti disesuaikan jenis vaksin boosternya, dengan melihat jenis vaksin yang dilakukan masyarakat sebelumnya,” imbuhnya.

Khusna menambahkan, untuk antisipasi peserta vaksin yang membludak, akan dibentuk sentra vaksin seperti yang sebelumnya dilakukan Pemkab Gresik.

“Kita lihat dulu perkembangan, jika antusias masyarakat tinggi akan dibentuk sentra vaksin, seperti Gedung Pramuka, atau Gedung Wahana Ekpresi Poesponegoro (WEP),” tambahnya. (abr)

banner 120x600
  • Share