Feny Rita Fiantika, Dosen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Lolos Program KDSI 2024

BeritaGresik.com – Dr. Feny Rita Fiantika, S.Pd, M.Pd, merupakan salah satu dosen di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berhasil mengukir prestasi nasional pada Program Kemitraan Dosen dengan Praktisi di Sekolah dan Industri (KDSI) Tahun 2024.

Dosen PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan ini berhasil masuk 50 finalis yang lolos dari 316 pendaftar pada Program KDSI tahun 2024.

Program KDSI merupakan program kemitraan Dosen dengan Praktisi di Sekolah yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Program KDSI ini dirancang untuk menjawab tantangan dunia pendidikan tinggi yang seringkali mengalami kesenjangan antara teori yang diajarkan di kampus dan praktik yang diterapkan di lapangan.

Kegiatan KDSI 2024 diawali dengan on job training 1 dan pembukaan yang dilaksanakan tanggal 26-28 September 2024 di Jakarta yang dihadiri oleh 50 peserta yang lolos program KDSI dari seluruh Indonesia.

Selanjutnya, tanggal 29 September 2024 pukul 9.00 – 10.00 WIB dilakukan koordinasi, antara Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang dihadiri oleh Wakil dekan FIP Dra. Dian Kusmaharti, S,Si, M.Pd, Kaprodi PGSD Danang Prastyo, S.Pd, M.Pd, Dr. Feny Rita Fiantika, S.Pd, M.Pd sebagai pilot project kegiatan KDSI pihak Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Drs. Achmad Fanani, S.T, M.Pd dosen senior PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan pihak sekolah SDN Kebonangung 1 Sukodono Sidoarjo yaitu kepala sekolah Mei Ernawati, M.Pd, beserta guru mitra yaitu Eko Fatmawati, S.Pd dan Muhammad Handoyo, S.Pd.

Kegiatan ini mengusung matakuliah Evaluasi Pembelajaran SD sebagai matakuliah yang dipilih dalam kegiatan KDSI 2024.

Hal ini merupakan usaha peningkatan kualitas SDM dan output mahasiswa yang dilakukan oleh pihak Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,untuk menjawab permasalahan yang dihadapi stake holder melalui Lesson Study yang dikemas dalam program KDSI 2024.

Baca juga : Pasca Gempa, Warga Bawean Pilih Tinggal Di Luar Rumah

Setelah melakukan observasi lapangan 30 September dan 1 Oktober 2024 oleh dua guru mitra, kepala sekolah, dosen dan beberapa mahasiswa pada hari Rabu, 2 Oktober 2024 mulai pukul 10.00 – 15.00 WIB dilakukan workshop Lesson Study.

Workshop ini dilaksanakan di SDN Kebonagung 1 Sukodono Sidoarjo dengan narasumber Dekan Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Nur Fauziyah, M.Pd. Dia merupakan pakar Lesson Study yang belajar langsung tentang Lesson Study di Jepang tahun 2014.

“Sebisa mungkin saya akan menyemangati teman-teman guru dengan mendampinginya dalam setiap kegiatan sampai tuntas, ini demi meningkatkan kompetensi SDM dan kemajuan SDN Keboanagung 1 Sukodono Sidoarjo”, ungkap Mei Ernawati, M.Pd Kepala SDN Kebonagung 1 Sukodono. ”

“Saya juga seperti dapat durian runtuh karena mendapat kesempatan bekerjasama dengan kampus swasta ternama seperti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, terima kasih ibu Dr. Feny Rita Fiantika, M.Pd dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya atas kesempatan kerjasama ini, ” imbuhnya.

Setelah workshop ini, dewan guru merancang pembelajaran yang akan digunakan untuk open class dan diskusi refleksi di hari Senin, 6 Oktober 2024.

Melalui program ini, dosen diharapkan dapat memperoleh pengalaman praktis yang relevan dan terkini dari para praktisi yang bekerja langsung di sekolah dan industri.

Sehingga diharapkan dapat memperkaya materi pengajaran serta meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa. (abr)