Sambut Harhubnas 2024, KSOP Gresik Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Mata Gratis

BeritaGresik.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, menggelar kegiatan donor darah, dan pemeriksaan mata secara gratis kepada masyarakat sekitar bertempat di area terminal Penumpang Pelabuhan Gresik, Jumat (14/09/2024).

Kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), yang jatuh setiap tanggal 17 September dan diperingati secara nasional di seluruh Indonesia.

Kepala KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian, mengatakan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan nasional 2024 ke-54, KSOP kelas II Gresik menyelenggarakan kegiatan Donor darah dan pemeriksaan mata gratis, yang akan diikuti oleh 65 peserta dari berbagai pihak dan masyarakat maritim.

“Hal ini sebagai bentuk kontribusi langsung terhadap kesehatan masyarakat. Dengan mendonorkan darah, ikut berpartisipasi dalam upaya kemanusiaan yang dapat menyelamatkan nyawa dan memberikan harapan baru bagi mereka yang membutuhkan,”ucapnya dalam sambutannya mengawali kegiatan itu.

Menurut dia, kegiatan ini juga dapat memupuk semangat kepedulian di kalangan pegawai KSOP Kelas II Gresik ,insan maritim dan masyarakat sekitar kabupaten Gresik.

“Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih kepada para pendonor yang telah antusias secara sukarela menyumbangkan darah. Kehadiran saudara disini menegaskan kembali kepada kita semua arti pentingnya persaudaraan, makna solidaritas dan kepedulian terhadap sesama,” tuturnya.

Selain donor darah dalam kegiatan tersebut, juga diselenggarakan pemeriksaan mata yang disediakan sebagai upaya untuk memberikan akses layanan kesehatan yang mudah, dan terjangkau masyarakat di sekitar kabupaten Gresik.

“Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk insan maritim dan Masyarakat sekitar, kegiatan ini memperkuat kepedulian terhadap kesehatan di lingkungan Pelabuhan Gresik dan masyarakat umum. pemeriksaan mata merupakan aspek penting dari kesehatan kita sehari-hari. Dengan melakukan pemeriksaan mata, kita dapat mendeteksi sejak dini berbagai gangguan kesehatan yang mungkin kita hadapi, sehingga mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat,” paparnya.

Baca juga : Arwani Ajak Masyarakat Membumikan Nilai-nilai Pancasila

Hotman berharap dari kegiatan donor darah dan pemeriksaan mata ini, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua peserta dan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya berjalan dengan lancar, tetapi juga menghasilkan dampak positif yang berkelanjutan dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,”harapnya.

Dalam kesempatan itu, Hotman menambahkan bahwa Hari Perhubungan Nasional adalah momen yang sangat penting. Khususnya insan maritim, sebagai wujud penghargaan dan pengakuan atas peran vital sektor perhubungan dalam pembangunan bangsa.

“Sektor ini tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antar wilayah, tetapi juga menjadi katalisator dalam pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tambahnya memungkasi.

Diketahui, Hari Perhubungan Nasional tahun 2024 ke-53 mengusung tema ” Transportasi Maju, Nusantara Baru”. Tema ini mencerminkan tekad untuk terus berinovasi dan bersinergi guna mewujudkan sistem perhubungan yang lebih baik, efisien, dan berkelanjutan serta bersinergi dalam meningkatkan Integritas Pelayanan, Optimis dan Bekerja Dengan Hati. (abr)