Peringatan Maulid Nabi di Bawean, Warga Berbagi Bingkisan dengan Anak Yatim dan Dhuafa

Bherkat Maulid yang akan dibagi kepada anak-anak yatim dan dhuafa

BeritaGresik.com – Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap bulan Rabiul Awal kalender Hijriyah selalu disambut dengan suka cita oleh warga Bawean. Tradisi berbagi bingkisan Bherkat ini sudah menjadi tradisi turun-temurun yang tetap dijaga keselstariannya hingga saat ini.

Biasanya, seluruh Masjid dan Mushollah di masing-masing dusun bergantian memperingati hari lahirnya baginda Nabi Muhammad SAW, dengan cara bertukar bingkisan yang lazim disebut Bherkat Molot ini.

Selain diperingati di masjid dan Mushollah ada juga sebagian warga yang memperingati momentum peringatan maulid nabi ini dengan cara berbagi bingkisan bherkat bersama anak yatim dan kaum dhuafa.

Sepeti yang dilakukan oleh Umar (55) mantan kepala desa Pekalongan kecamatan Tambak, setiap tahun Umar selalu mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara mengundang puluhan anak yatim dan Kaum dhuafa.

Umar mangatakan, tahun 2024 ini dirinya bersama keluarganya mengundang dan berbagi bingkisan dengan 47 anak yatim dan dhuafa.

Untuk membeli bingkisan sebanyak ini kata Umar, dirinya juga dibantu oleh keluarganya yang lain, baik yang ada di Bawean, ada juga sumbangan dana keluarganya yang ada di Singapore dan Malaysia sehingga terkumpul dana sekitar Rp. 40 juta.

Setelah dana terkumpul kemudian dibelajakan bingkisan maulid untuk berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim dan dhuafa di desanya serta desa-desa tetangga.

“Totalnya ada 47 bherkat, alhamdulillah Maulid tahun bisa masih diberi kemudahan oleh Allah untuk berbagai dengan anak-anak yatim, “kata Umar, Selasa (17 /09/2024).

Selama acara berlangsung, nampak wajah-wajah ceria dari para anak yatim yang hadir, mereka seakan tidak sabar ingin segera membawa pulang bingkisan maulid yang ada di depannya itu.

Ustadzah Ruwaidah dalam penggalan Ceramahnya mengatakan, apa yang dilakukan oleh Umar merupakan contoh yang pantas untuk ditiru terutama bagi mereka yang punya rezeki lebih. Sebagai ungkapan rasa syukur sangat baik berbagai dengan para anak yatim. “Ini contoh yang sangat baik, lihat anak-anak yatim ini, mereka semua bahagia dan gembira, semoga bapak Umar sehat dan dimurahkan rizkinya oleh Allah, tahun depan Insyallah merayakan maulid lagi bersama anak-anak yatim, “ katanya. (abr)

Baca juga : Sambut Harhubnas 2024, KSOP Gresik Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Mata Gratis