Meriah, Begini Cara Warga Bawean Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

  • Share
Warga mulai berdatangan Membawa Agka'an Molot ke masjid (foto Gias/BG)

BeritaGresik.com – Banyak cara umat islam di berbagai daerah dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, tak terkecuali di Pulau Bawean.

Warga Bawean selalu menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan antusias, hampir setiap masjid dan surau di setiap pelosok kampung mengadakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pada peringatan Maulid Nabi 1445 H kali ini warga Bawean juga menyambut peringatan Maulid Nabi dengan penuh suka cita. 

Seperti peringatan Maulid Nabi di Masjid Jami’ Al Muttaqin desa Kepuhteluk Kecamatan Tambak, Kamis (28/09/2023).

Sejak pagi terlihat warga mulai berdatangan ke masjid dengan membawa angkatan berkat berupa ember yang dihias dengan aneka makanan, disusun dengan indah, serta dihiasi dengan bunga, telur dan aneka buah-buahan.

Panitia peringan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Al Muttaqin mendata dan menata angka’an molot

Kemudian panitia yang bertugas menata semua berkat yang datang di dalam masjid sembari menunggu semua undangan hadir.

Setelah semuanya sudah siap, maka puncak acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Al Muttaqin dimulai. sederetan acara diikuti dengan penuh sakral oleh warga mulai dari pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, pembacaan Barzanji dan Asroqal hingga ceramah agama yang mengupas tentang sejarah perjuangan Nabi dan hikmah di balik peringatan hari kelahiran Nabi yang mulia Muhammad SAW.

Setelah acara peringatan maulid nabi berahir, wargapun pulang dengan membawa berkat yang sudah diberi label oleh panitia, sehingga bekat yang lazim disebut angka’an molot ini diupayakan oleh panitia supaya tertukar dengan angka’an molot milik orang lain. 

Bertukar angka’an molot inipun menjadi sesuatu yang sangat berkesan bagi warga Bawean dalam memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW. (abr)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *