Kritik Mensos Tri Rismaharini, Aktivis Tuli Gresik Tulis Surat Terbuka

  • Share

BeritaGresik.com  –  Aksi Menteri Sosial (Mensos RI) Tri Rismaharini yang memaksa anak tuli untuk berbicara saat pembukaan peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 di Gedung Kemensos pada Rabu (1/12) lalu, menuai polemik. Aktivis tuli asal Gresik bernama Aisyah Greisseeta Az-Zahra menulis surat terbuka sebagai bentuk protes keras.

Sebelumnya, pada peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 itu, Risma mengajak dialog seorang anak Rungu Wicara bernama Aldi. Mantan Wali Kota Surabaya itu memaksa Aldi untuk berbicara.

Aksi Mensos Risma itu pun dinilai merupakan sebuah peristiwa yang ironis. Berikut tulisan Aisyah Greisseeta Az-Zahra.

Assalamu’alaikum Wr. Wb Nama saya Aisyah Grisseeta Az-Zahra, orang-orang biasa memanggil Aisyah.

Saya terlahir Tuli sebagai cara Allah menguji coba orang tua yang melahirkan saya. 

Saya bersyukur sekali bisa mengenal dunia Tuli dengan Bahasa Isyarat ☺️❤️

Saya membuktikan bahwa  bisa tahu melukis doodle art profesional, video puisi tentang bahasa isyarat, dll. Sehingga saya meraih prestasi banyak hingga nasional. Aisyah menjadi dapat mengembangkan lebih kemampuan bersama teman-teman Tuli.

Bagaimana cara komunikasi? Alhamdulillah sejauh ini saya selalu menggunakan bahasa isyarat, menulis di buku tulis atau kertas dan HP jika saya tidak bicara pakai suara. Alasan mereka pasti susah memahami apa yang saya dikatakan lebih baik bergerak apa yang saya maksud untuk sampaikan yang ada.

Jujur ya, saya kaget mendapat berita sangat  tentang Ibu Risma yang memaksa teman Tuli harus berbicara pakai suara ????????????????????????.

Orang tua Aisyah sudah berusaha keras terapi bicara sejak kecil tapi aisyah belum bisa. Tuli aisyah kanan 120 db dan kiri 110 db.

Selalu ada Audisme di kita, saya tidak akan diam! Perjuangan teman-teman Tuli termasuk saya agar kebutuhan Tuli harus dapat!!!

Semoga kalian tetap semangat perjuangan untuk kaum Tuli

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mari kita SETARA Semuanya!!!!!

Berikut merupakan surat terbuka dari aktivis tuli Gresik menanggapi aksi Mensos RI Tri Rismaharini yang memaksa anak tuli untuk berbicara. (abr)

  • Share
Exit mobile version