Usai Diperbaiki, Kapal Tongkang Bocor di Perairan Bawean Lanjut Berlayar Munuju PLTU Batang

Kapal Tongkang yang mengakut batu bara berlabuh di Bawean setelah alami dek bocor

BeritaGresik.comBawean, Setelah mengalami insiden kebocoran di perairan Bawean, akhirnya kapal tongkang Win Build 368 bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju Batang Jawa Tengah.

Kapal tongkang dengan muatan batu bara sebanyak 12 ribu ton ini, berangkat dari Kalimantan menuju PLTU Batang Jawa Tengah, sebelumnya sempat berlabuh di sekitar perairan desa Telukjatidawang kecamatan Tambak Bawean kabupaten Gresik lantaran salah satu deka kapal mengami kebocoran.

Halki, salah sorang nelayan setempat yang memandu kapal tongkang tersebut berlabuh di perairan Bawean mengatakan, kapal tongkang Win Build 368 sudah mengalami bocor salah salah deknya sejak awal berangkat dari Kalimantan, ketika sudah berada di perairan Bawean kondisi kapal sudah miring karena salah satu dek kapal penuh dengan air. Akhirnya pihak kapal menghubungi salah satu nelayan setempat untuk memandu hingga akhirnya kapal berhasil berlabuh di perairan desa Telukjatidawang .

“Kapal itu sudah bocor dari Kalimantan, begitu sampai di Bawean kondisinya menghawatirkan sehingga mengubungi Farihen (nelayan setempat -red) untuk memandu ke pinggir,” tarang Halki, Senin (02/09/2024).

Halki menambahkan, selama berada di perairan Bawean crew kapal berupaya menguras air yang memenuhi salah dek dengan menggunakan mesin alkon, selanjutnya memperbaiki kebocoran dengan menggunalan peralatan pengelasan dalam air.

“Kemaren pagi saya masih melihat ada yang mengelas kebocoran, kemungkinan sudah selesai sehingga siangnya sudah melanjutkan perjalanan ke Batang,” Pungkasnya.

Berbeda dengan keterangan di atas, Kasatpol air Polres Gresik AKP Winardi mendapat laporan dari petugas pos unit kapal Bawean yang sempat mendatangi lokasi kapal justru memberikan keterangan berbeda. Menurutnya kondisi kapal tidak ada kebocoran dan tidak miring sehingga tidak ada tumbahan minyak maupun batu bara yang mencemari lingkungan.

Baca juga : Jelang Pilkada Serentak 2024, Personil Polres Gresik Gelar Latihan Beladiri

“Setelah mendapat laporan dari pos unit kapal Bawean mendatangi TKP tidak ditemukan tanda tanda kebocoran maupun muatan tumpah ke laut, “ terangnya dalam penggalan pesan whatsapp.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal tongkang Win Build 368 bermuatan batu bara mengalami kebocoran di perairan Bawean, akibatnya kapal terpaksa berlabuh di dekat pantai desa Telukjatidawang kecamatan Tambak kabupaten Gresik. Dari kejauhan nelayan setempat sudah kondisi tongkang sudah miring , bewruntung nelayan setempat berhasil memandu kapal hingga ke kawasan yang lebih dangkal di kawaan perairan Desa Telukjatidawang kecamatan Tambak. (abr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *