Sosok Pak Sumam, Tukang Sapu Alun-Alun Sangkapura Yang Dibayar Sekedarnya

  • Share
Pak Sumam dengan cekatan menyapu dan memungut sampah yang berserakan di alun-alun Sangkapura

BeritaGresik.com – Semarak HUT Kemerdekaan RI ke 77 di kecamatan Sangkapura Bawean kabupten Gresik begitu meriah, ini terlihat sejak dimulai kegiatan upacara bendera detik-detik kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2022, kemudian parade karnaval yang diikuti seluruh lembaga setiap tingkatan, malam hari masih diisi lagi dengan kegiatan pentas seni dan hiburan yang diisi oleh para pelajar berbakat dari tiap-tiap lembaga pendidikan se kecamatan Sangkapura.

Rangkian kegiatan ini tentu saja juga menjadi sarana hiburan bagi warga sekitar yang begitu antuasias menyaksikan berbagai antraksi seni yang ditampilkan oleh para peserta didik ini, dimana semua rangkaian kegitan ini terpusat di alun-alun kecamatan Sangkapura.

Sayangnya, kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan masih terlalu rendah, ini terlihat setiap usai kegiatan selalu menyisahkan sampah yang menumpuk sepanjang mata memandang di Alun-alun Sangkapura.

Pak Sumam (60) waga desa Gunung Teguh kecamatan Sangkapura merupakan salah satu sosok yang ikut andil dalam suksesnya rangkaian acara HUT RI ke 77.

Pria 60 tahun ini selalu rutin menyapu dan memungut satu-persatu sampah yang berserakan disetiap sudut alun-alun setiap pagi dan sore.

Menurut Sumam, kegiatannya membersihkan sampah  alun-alun ini karena prihatin melihat tumpukan sampah setiap hari usai kegiatan. Sementara disisi lain tidak ada petugas khusus  dari kecamatan Sangkapura yang ditunjuk untuk membersihkannya.
“Kalau tidak ada yang nyapu gimana, masak dibiarkan kotor begini, “tutur pak Sumam sambil memungut sampah, Minggu (21/08/2022)

Untuk menjaga alun-alun kecamatan  Sangkapura tetap dan indah sepanjang kegaiatan Dirgaya RI ke 77, dia mengaku dibayar sekedarnya itupun oleh pihak pengelola pedagang kaki lima (PKL)

“Saya diminta oleh pak Pipi PKL, bukan pak Camat, tidak indah dipandang melihat alun-alun kotor, jadi saya saja walaupun cuma dibayar sekedarnya oleh pihak PKL”.

Pengamatan BeritaGresik.com Pak Sumam walaupun hanya seorang diri selalu rutin menyapu sampah setiap hari pagi dan sore di alun-alun Sangkapura sepanjang kegaiatan Dirgaya RI 77 ini. (abr)

  • Share
Exit mobile version