MPR Tekankan Pentingnya Penguatan Pancasila di Era Digital

  • Share
Anggota MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI bersama pengasuh dan santri Pondok Pesantren Alhikmah di Kabupaten Blora, Sabtu (3/12/2023). (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Perkembangan teknologi digital dinilai telah mempengaruhi dan mengubah manusia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting untuk dilakukan penguatan nilai Pancasila di tengah masyarakat.

Penekanan itu disampaikan anggota MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI bersama pengasuh dan santri Pondok Pesantren Alhikmah di Kabupaten Blora, Sabtu (3/12/2023).

“Saat ini kehidupan masyarakat Indonesia tidak terlepas dari teknologi digital. Karena itu, penguatan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya.

Menurutnya, penerapan Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara tengah menghadapi tantangan. Hal itu dipicu masuknya ideologi alternatif melalui internet ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

“Tantangannya yang dihadapi di era digital sangatlah berat, itu karena munculnya budaya asing yang secara perlahan dan tanpa kita sadari mulau menggeser budaya yang ada di Indonesia,” paparnya.

Dia menambahkan, upaya penguatan nilai Panasila penting untuk terus dilakukan, baik secara langsung maupun melalui media sosial, guna menangkal dan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. [as]

  • Share
Exit mobile version