Upacara Tabur Bunga di Tengah Laut Warnai Peringatan Harhubnas di Gresik

BeritaGresik.com – Kegiatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke 53, tahun 2024 di Kabupaten Gresik, berlangsung meriah. Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 17 September ini, dimulai apel upacara hingga upacara tabur bunga di tengah laut, Selasa (17/09/2024).

Prosesi tabur Bunga di tengah laut, di perairan depan Pelabuhan Petrokimia Gresik ini, mewarnai kegiatan tersebut. Sejumlah petugas menaiki tiga kapal patroli milik Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Republik Indonesia (KPLP), KNP 365, KNP 371 dan satu kapal patroli KSOP Kelas II Gresik. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik Hotman Siagian, beserta petugas gabungan menabur  bunga dari atas kapal. 

Washil menyampaikan rasa terima kasih kepada para stakeholder di pelarian Gresik, yang sudah memperingati Harhubnas ke 53.

“Selamat Harhubnas 2024. Angkutan darat sudah banyak angkutan massa, termasuk jalur kereta api, sudah lebih bagus. Serta angkutan laut juga sudah lebih baik,” ujarnya. 

Menurut dia, di Kabupaten Gresik, ada dua Pelabuhan. Pelabuhan Gresik milik Pelindo dan Pelabuhan di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIPPE) Manyar. 

“Semoga keberadaan dua pelabuhan ini, menjadi konsep pertumbuhan ekonomi dari bidang angkutan barang maupun penumpang di Jawa Timur,” harapnya. 

Di tempat yang sama, Kepala KSOP Kelas II Gresik Hotman Siagian menuturkan, banyak terima kasih kepada stakeholder terkait di Pelabuhan Gresik. Termasuk Pemkab Gresik beserta para stakeholder BUMN dan perusahaan di lingkungan Pelabuhan Gresik. 

“Terima kasih kepada Pemkab Gresik, dan beserta para stekholder termasuk jajaran KSOP Kelas III Tanjung Pakis, Lamongan, serta pada stekholder BUMN di lingkungan pelabuhan Gresik,” ucapnya. 

Menurut dia, acara gelar upacara tabur bunga berjalan lancar, dan sebelum dilakukan gelar tabur bunga, juga dilakukan apel yang berjalan dengan baik. 

“Kegiatan rangkaian Harhubnas, kami optimis dan berjalan secara tertata, dan sinergi,” ujarnya. 

Hotman menjelaskan, kegiatan tabur bunga ini, merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun, sebagai bentuk menghargai arwah jasa pahlawan yang telah berjuang di bidang perekonomian, serta memajukan transportasi di wilayah Kabupaten Gresik,”jelasnya. 

“Semoga dari serangkaian kegiatan Harhubnas yang dilakukan KSOP Kelas II Gresik, bisa melaju transportasi maju menuju Indonesia emas 2045, sesuai arahan Pimpinan, Menteri Perhubungan,”harapnya. 

Kegiatan Harhubnas ke 53, diawali apel upacara di Halaman samping terminal Pelabuhan Gresik dihadiri petugas gabungan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, Polsek Kawasan, Satlantas Polres Gresik, Satpolairud Polres Gresik, Dishub, Satpol PP Gresik, serta para perwakilan pelabuhan dari perusahan sekitar, Perwakilan organisasi pelabuhan Pelayaran Rakyat (Pelra), anggota DPRD Gresik, serta perwakilan Kantor UPP Kelas III Bawean, turut memeriahkan kegiatan Harhubnas dengan tema “Transportasi Maju Nusantara Baru”. 

Dalam acara tersebut selain apel dan upacara tabur bunga, juga dilakukan pemberian bantuan life jacket (pelampung) kepada para pekerja pelabuhan Gresik. 

Sekedar informasi, upacara Harhubnas merupakan rangkaian kegiatan Harhubnas yang diselenggarakan oleh KSOP Kelas II Gresik. Sebelumnya Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ini, juga menggelar rangkaian kegiatan perlombaan di sekitar pelabuhan diikuti para masyarakat insan maritim. Mulai lomba olahraga voli, tenis meja, bulutangkis, lalu ada juga kegiatan bersih-bersih pantai, serta pada puncaknya nanti pada tanggal 21 September 2024 akan menggelar jalan sehat. Dengan berbagai hadiah dan doorprize serta dimeriahkan hiburan panggung musik, panjat pinang, dan tarik tambang. 

(abr) 

Reporter : Abrari Zubaidi

Recent Posts

Kontruksi Sudah Lapuk, Rumah Apung Wisata Pulau Cena di Bawean Hanyut Terbawa Arus

BeritaGresik.com - Rumah Apung yang ada di kawasan Wisata Pulau Cena Bawean kabupaten Gresik menjadi…

9 hours ago

NS Pengasuh Cabuli Santri di Bawean Divonis 6 Tahunn 6 Bulan dan Denda Rp. 20 Juta

BeritaGresik.com – Sidang kasus pencabulan  anak dibawah umur dengan terdakwa NS, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes)…

1 day ago

Calon Tunggal Bukti Hilangnya Kemandirian dan Pengkaderan Partai Politik di Gresik

oleh : A Fajar Yulianto (Direktur YLBH Fajar Trilaksana) BeritaGresik.com - Hiruk pikuk pilkada serentak…

2 days ago

Baznas Gresik Salurkan Ratusan Juta Untuk Beasiswa Produktif Mahasiswa Tahun 2024

BeritaGresik.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Gresik menyalurkan beasiswa produktif kepada 76 mahasiswa baru…

2 days ago

Peringatan Maulid Nabi di Bawean, Warga Berbagi Bingkisan dengan Anak Yatim dan Dhuafa

BeritaGresik.com - Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap bulan Rabiul Awal kalender Hijriyah…

2 days ago

Unik, Bingkisan Peringatan Maulid Nabi di Bawean Menggunakan  Wadah dari Anyaman Bambu

BeritaGresik.com - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap bulan Rabiul Awal kalender Hijriyah dirayakan oleh…

3 days ago