Proyek Gorong-gorong di Jalan Arif Rahman Hakim Diduga Menjadi Penyebab Pohon Tumbang

  • Share
Warga membantu para pengendara melintasi jalan Arif Rahman Hakim dengan hati-hati karena rawan pohon tumbang

BeritaGresik.com – Pengerjaan proyek peningkatan saluran dan irigasi untuk selokan di Jalan Arif Rahman Hakim menjadi problem di saat musim hujan tiba. Pasalnya akibat galian proyek itu, mengenai akar pohon di sepanjang jalan Arif Rahman Hakim, tidak sedikit pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang.

Hal ini tentu membuat warga dan para pedagang sekitar was-was dan takut. Meski belum ada korban jiwa akibat pohon tumbang, hampir setiap hujan angin di Gresik selalu ada pohon tumbang di Jalan yang dilakukan proyek gorong-gorong itu.

Seperti yang terjadi pada hari ini Senin (27/12/2021) pohon hampir tumbang usai hujan sekitar pukul 14.30 WIB. Sontak warga memberikan tanda untuk pengendara agar berhati-hati melewati jalan tersebut.

“Seharusnya pemenang proyek melakukan pemotongan pohon yang rawan tumbang sebelum dilakukan pengerjaan proyek, jangan nunggu ada korban baru dilakukan pemotongan,” ungkap Fauzi salah satu warga.

Tidak hanya itu, pantauan di Lapangan jalan saluran air pun tidak mengalir lancar dan meluber ke jalan Raya. Akibatnya, ada banyak genangan menutupi jalan tersebut. Ditambah dengan tumpukan Proyek saluran air (U-ditch) di Jalan Arif Rahman Hakim.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Gresik Akhmad Hadi mengatakan, beberapa pohon tumbang di Gresik disebabkan hujan angin yang sangat kencang.

“Untuk Jalan Arif Rahman Hakim, sebelum pekerjaan saluran sudah dikordinasikan dengan tim DLH dan akan ditebang atau diganti karena pohonnya tua, dan sebagian ada yang kropos batangnya,” ungkapnya.

“jadi tidak semata-mata karena ada pekerjaan,” imbuhnya. (abr)

  • Share
Exit mobile version