Dinas PMD Gresik Ingatkan Kades Tak Main-main dengan Dana Desa

Kegiatan pembinaan perangkat desa dan kepala desa yang dilaksanakan Dinas PMD Gresik di Aula SMANU Islamiyah Tambak Bawean, Gresik, Senin (26/3/2018). (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik Tursilo Hariogi mengingatkan kepada perangkat dan kepala desa (Kades) di kecamatan Tambak Bawean, Gresik agar tidak bermain-main dengan dana desa.

Hal itu disampaikan Tursilo dalam kegiatan pembinaan perangkat dan kepala desa yang dilaksanakan oleh kantor kecamatan Tambak Kabupaten Gresik di Aula SMANU Islamiyah Tambak Pulau Bawean, Gresik, Senin (26/3/2018).

Kegiatan tersebut dikuti sekitar 180 peserta yang terdiri atas perangkat desa dan seluruh kepala desa se kecamatan Tambak. Mereka tanpak antusias mengikuti pembinaan perangkat desa yang dilaksanakan oleh kantor kecamatan Tambak kabupaten Gresik dan dihadiri oleh kepala dinas PMD Gresik.

(Foto: BG/Abr)

Kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas perangkat desa yang meliputi peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan, serta peningkatan mental perangkat desa.

Tursilo mengatakan, sudah banyak contoh perangkat desa dan kepala desa yang terjerat perkara hukum karena kelalaian mereka dalam mengelola Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari dana negara.

“Ayo kita bekerja niatkan sebagai ibadah, jangan pernah berpikiran jadi perangkat desa karena kepingin kaya, tidak akan pernah itu,” kata Tursilo kepada peserta.

Hal senada disampaikan camat Tambak Fatah Hadi. Dia mengajak kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa yang tak lain merupakan abdi masyarakat untuk bekerja dengan setulus hati dan memiliki kesadaran dan ketaatab hukum yang tinggi.

“Kalau sudah bekerja dengan hati, maka pekerjaan akan terasa ringan, datang tepat waktu, tidak pulang kalau belum waktunya pulang, bekerja akan terasa sangat menyenangkan kalau bekerja dengan hati,” ujar Fatah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang diikuti seluruh operator masing-masing desa se Bawean di Pendopo kantor Desa Sawah Mulya Kecamatan Sangkapura. (abr)

Related Search

No Response