Gresik Luncurkan Program Lahir Pulang Bawa Akte

Pemkap Gresik melakukan penandatanganan Mou bersama 21 rumah sakit dan 32 puskesmas di Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Satu lagi terobosan dilakukan Pemerintah Kabupaten Gresik di bawah kepemimpinan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Kali ini Pemkab Gresik meluncurkan program “Lahir Pulang Bawa Akte”.

Program 100 hari kerja Gus Yani dan Bu Mim itu diharapkan dapat memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh akte kelahiran, khususnya bagi mereka yang baru melahirkan di puskesmas atau di rumah sakit di Kabupaten Gresik.

Untuk saat ini, program di bidang administrasi kependudukan itu akan direalisasikan di 21 rumah sakit dan 32 puskesmas di Kabupaten Gresik.

Peluncuran program terswbut ditandai dengan penandatanganan MoU antara perwakilan 21 rumah sakit dan 32 puskesmas dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik. Penandatanganan MoU dilaksanakan di ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik, Senin (22/03/2021).

Dalam sambutannya, Bu Min mengatakan bahwa saat ini focus pemerintah adalah hadir dan semakin dekat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Masyarakat Gresik kita beri kemudahan dalam mengurus akte kelahiran. Dengan begitu, masyarakat tak perlu lagi khawatir dan repot dalam mengurus akta anaknya. Sepulang dari rumah sakit atau puskesmas, masyarakat langsung bisa bawa pulang akte kelahiran buah hatinya,” terang Bu Min.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setidaknya warga sudah menyiapkan nama untuk calon bayinya ketika hendak melahirkan. Sehingga dalam prosesnya tidak terlalu memakan waktu lama untuk mencetak akte kelahiran si bayi.

“Jadi harus sudah siap nama untuk si calon bayi sebelum proses kelahiran. Disiapkan 1 nama untuk bayi laki-laki apabila yang lahir bayi laki-laki, dan satu nama peremupan seandainya yang lahir bayi perempuan. Dengan begitu prosesnya akan semakin cepat dan mudah,” imbuhnya. (iis/as)

Related Search

No Response