Terbakar di Perairan Bawean, 4 ABK Kapal Karya Abadi Ditolong Nelayan

Para ABK Kapal Karya Abadi yang diselamatkan nelayan Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Kapal Layar Motor (KLM) Karya Abadi tujuan Kalimantan Tengah-Lamongan terbakar di kawasan barat perairan Pulau Bawean atau sekitar 10 mil dari wilayah pantai pada Jumat (21/2/2020), sekira pukul 18.00 Wib.

Peristiwa terbakarnya kapal bermuatan kelapa, ikan kering dan kepiting ini sempat menjadi tontonan warga pesisir barat pulau Bawean. Bahkan, peristiwa naas tersebut sempat menjadi berita di sejumlah grup Whatsapp warga di sana.

Terbakarnya KLM Karya Abadi diduga akibat konsleting listrik di ruang mesin. Peristiwa itu berawal ketika juru mudi bernama Sugianto mengecek bagian dek belakang. Namun sebelum sampai ke dek bawah, KKM berama Kustas tiba-tiba berlari menuju keluar lantaran dikejar kobaran api yang sudah membesar.

Melihat kebakaran itu, nakhoda bersama para ABK sempat melakukan upaya pemadaman dengan menyemprotkan alat pemadam kebakaran. Namun, api sudah terlalu besar dan tidak bisa dipadamkan alat pemadam tersebut.

Menyadari kobaran api makin besar, keempat ABK kapal langsung terjun ke laut dengan menggunakan pelampung.

Keesokan harinya, sekira pukul 06.30 Wib, dua orang nelayan Nasuki dan Mulyadi asal desa Kumalasa Bawean menemukan keempat ABK naas itu terapung di laut. Keduanya langsung menolong korban dan dibawa ke rumah Nasuki dalam kondisi sehat.

Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencai Rp1 miliar lebih. (abr)

No Response