Pasokan BBM Telat, PLN Bawean Berlakukan Pemadaman Bergilir

PLN di Pulau Bawean, Gresik. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Sejumlah kapal rute Gresik-Bawean berhenti beroperasi akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi. Kondisi yang sama juga dialami kapal pengangkut bahan bakar gas (BBG) yang salama inu menyuplai kebutuhan PLN di Bawean.

Akibatnya, stok bahan bakar pun menipis lantaran pasokan BBG untuk PLN Bawean terkendala cuaca buruk dan gelombang tinggi. Karena itu, PLN Bawean akhirnya memberlakukan pemadaman bergilir.

Salah seorang petugas PLN Bawean Pandu mengatakan, langkah pemadaman bergilir dilakukan pihaknya guna menyiasati kemungkinan terjadinya pemadaman total.

“Kalau tidak dilakukan pemadaman bergilir, dari kemarin sudah terjadi pemadaman total. Jadi, kami menyiasatinya dengan pemadaman bergilir,” kata Pandu kepada BeritaGresik.com, Kamis (21/12/2017)

Menurut Pandu, dalam kondisi normal kebutuhan suplay energi listrik untuk seluruh pelanggan PLN di Bawean saat ini sekitar 5000 kilo watt per hari. Untuk menghemat bahan bakar, pihak PLN mengurangi suplay energi 2000 kilo watt per hari.

Dengan demikian, sambil menunggu BBG datang, pihak PLN hanya mampu menyalurkan energi listrik ke pelanggan di Pulau Bawean sebesar 3000 kilo watt setiap hari.

Menurut jadwal, rencananya pemadaman bergikir ini akan terjadi hingga hari Minggu tanggal 24 Desember 2017 mendatang.

“Informasiya hari Sabtu bahan bakar sudah diangkut ke Bawean, kalau sesuai rencana berarti hari Minggu sudah sampai di Bawean,” pungkasnya. (abr)

No Response