Gresik Raih Penghargaan APE Tingkat Nasional

Wabup Qosim saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Menteri PPPA Yohanna Yambise di Jakarta. (Foto: BG/As

BeritaGresik.com – Di penghujung tahun 2018 ini, Kabupaten Gresik kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Prestasi itu berupa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama yang didedikasikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Ada sejumlah indikator penilaian sebagai tolok ukur penghargaan ini. Sementara Pemkab Gresik dinilai berkomitmen terhadap pengarusutamaan gender di Kabupaten Gresik.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohanna Yembise kepada Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang dilangsungkan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Dari 159 Kabupaten/Kota penerima penghargaan, terdapat 36 Kabupaten/Kota menerima penghargaan APE, termasuk Kabupaten Gresik.

Usai menerima penghargaan, Wabup Qosim yang kala itu didampingi oleh Kepala Dinas KBPP Kabupaten Gresik mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang telah diraih.

“Syukur Alhamdulillah, Kabupaten Gresik kembali menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Kali ini dengan kategori utama dengan beberapa indikator yang terpenuhi,” kata Qosim.

Menurut dia, penghargaan ini juga akan menjadi salah satu motivasi untuk terus meningkatkan kepedulian Pemerintah dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Semisal peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak dan juga peningkatan peran perempuan dalam proses pembangunan.

“Pemerintah saat ini tengah berkomitmen dan berupaya untuk mensejahterakan masyarakat, termasuk dalam pemenuhan atas hak anak dan perlindungan perempuan dalam rangka pengarusutamaan gender,” ucapnya.

Dia menambahkan, penghargaan yang diterima Pemkab Gresik bukan semata peran pemerintah saja. Namun berkat dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Gresik atas kinerja pemerintah, terutama doa dari para ulama selama ini.

“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Gresik mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat, sehingga Kabupaten Gresik dapat meraih penghargaan di tingkat nasional,” pungkasnya. (iis/as)

No Response