Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing Gunung Batu Pulau Bawean

Pengibaran bendera merah pitih di Tebing Gunung Batu, Dusun Tanah Merah, Desa Paromaan, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Banyak cara dilakukan untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia, salah satunya seperti yang dilakukan komunitas pecinta alam Tim Expedisi maraton 99 Puncak Pulau Bawean yang mengibarkan bendera raksasa di atas tebing.

Pengibaran bendera digelar di Tebing Gunung Batu Dusun Tanah Merah Desa Paromaan Kecamatan Tambak Bawean Kabupaten Gresik, Minggu (17/8/2020). Prosesi pengibaran disertai upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan.

Tentu saja, kegiatan spektakuler ini menyita perhatian warga sekitar. Bahkan, lereng Gunung Batu mendadak dibanjiri pengungjung yang ingin menyaksikan aksi bergelantungan para pencinta alam tersebut.

Koordinator lapangan dan penanggungjawab kegiatan pengibaran bendera di tebing karst Gunung Batu Heri mengakatakan, pemilihan lokasi ini bertujuan untuk mengangkat salah satu fenomena geologi yang ada di Pulau Bawean yaitu keberadaan tebing karst gunung batu.

Menurutnya, berdasrkan hasil penelitian yang dilakukan tim tersebut, bebatuan karst di gunung batu diperkirakan berusia 16,2 juta tahun. Namun, selama ini fenomena alam tersebut nyaris tidak pernah terpublikasi.

“Dengan adanya kegiatan ini sebenarnya kami coba mempromosikan salah satu fenomena yang sebenarnya cukup spektakuler di Pulau Bawean, yaitu tebing karst gunung batu,” kata Heri.

Menariknya lagi, tim yang terlibat dalam pengibaran bendera berukuran 17×8 meter ini melibatkan 9 orang wanita yang bertugas di lintasan. Bahkan tim inti yang bertugas membentangkan bendera tersebut merupakan putra dan putri Pulau Bawean yang sudah terlatih dalam kegiatan panjat tebing.

Kepala Desa Paromaan Kafil Kamsidi dalam sambutannya mengapresiasi atas diadakannya kegiatan tersebut. Ia juga berterima kasih kepada semua tim yang terlibat, karena telah memilih gunung batu sebagai lokasi kegiatan itu.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya atas penghargaan ini karena telah memilih lokasi ini. Sekali lagi kepada semua pihak yang terlibat dan ikut membantu terlaksananya kegiatan ini saya ucapkan terima kasih,” ucap Kafil.

Hadir dalam kegiatan perayaan HUT kemerdekaan RI yang ke-75 di gunung batu kali ini antara lain jajaran Muspika Kecamatan Tambak, mahasiswa Bawean dan warga setempat. (abr)

No Response