Cegah Abrasi, Mahasiswa UMM Tanam Pohon Mangrove di Pantai Muara Bawean

Mahasiswa peserta PPM UMM melakukan penanaman pohon mangrove di pantai Muara, Dusun Tanjong Anyar, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, Minggu (11/04/2021). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Mahasiswa peserta Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan penanaman pohon mangrove di pantai Muara, Dusun Tanjong Anyar, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, Minggu (11/04/2021).

Aksi penanaman pohon mangrove dilakukan kelompok PMM UMM 2021 gelombanng IV guna mencegah terjadinya abrasi di salah satu kawasan pantai yang ada di Pulau Bawean.

Mereka melakukan penanaman sebanyak 50 bibit pohon mangrove dengan melibatkan perangkat RT setempat, komunitats nelayan, remaja dan dua anggota komunitas mangrove.

Dalam release berita yang diterima Berita Gresik, kelompok PPM UMM menjelaskan, mangrove merupakan ekosistem yang memberikan manfaat bagi biota laut, seperti tempat mencari makan biota laut dan ikan-ikan kecil, serta tempat reproduksi ikan kecil.

Tidak hanya itu, pohon mangrove dikatakan bermanfaat bagi keseimbangan lingkungan, pencegahan abrasi dan erosi, serta dapat memperbaiki kawasan pesisir yang rusak.

“Mangrove yang ditanam di muara yaitu mangrove berjenis Rhizaphora. Dengan ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertuput oleh daun penumpu yang meruncing, buah yang berkecambah serta berakar saat di pohon,” jelasnya.

Tokoh masyarakat setempat H. Anwar mengatakan, abrasi sering terjadi sebelum ditanami mangrove sehingga air laut meluap ke wilayah sawah milik warga. Namun abrasi bwrkurang setelah ada penanaman mangrove.

Sementara aparat Desa Lebak menambahkan, selain berguna untuk mengurangi abrasi, kawasan yang ditanami pohon mangrove ini rencananya akan dijadikan wisata edukasi.

Koordinator PMM Muara M Firman Agasy menjelaskan, penanaman mangrove ini penting untuk mencegah abrasi serta menumbuhkan kesadaran masyarakat Muara tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar pantai.

“Harapan ini dapat dijadikan contoh bagi masyarakat Muara, terutama generasi muda, akan penting melestarikakn ekosistem laut,” imbuhnya. (as)

Related Search

No Response