Dihantam Gelombang, Kapal Tanker Nyangkut di Karang Perairan Bawean

Kapal MT. Express 88 nyangkut di karang perairan Pulau Bawean setelah dihantam ombak. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Sebuah kapal berjenis tanker MT. Express 88 yang berlindung di perairan Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, nyaris tenggelam dihantam gelombang. Periatiwa itu terjadi pada Jumat (10/1/2020).

Sebelumnya kapal tanker dari Jakarta itu sudah satu pekan lego jangkar di kawasan perairan pantai Labuhan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak Bawean karena berlindung dari cuaca buruk.

Namun kemudian, kapal mengalami putus kemudi dan menyebabkan tali jangkar juga putus. Tak ayal kapal tersebut akhirnya terbawa arus hingga membentur karang perairan dangkal.

Beruntung ada salah seorang nelayan setempat yang berhasil mengevakuasi 11 Anak Buah Kapal (ABK) yang sudah bersiap untuk melompat ke laut.

“Tadi semua ABK-nya sudah siap-siap lompat semua, karena kapalnya sudah miring, sementara ombaknya sangat kuat,” kata Sudi, nelayan yang berhasil mengevakuasi para ABK kapal.

Lebih lanjut, Sudi menjelaskan, kondisi gelombang saat dirinya mengevakuasi para ABK kapal tersebut sangat kuat, bahkan menyebabkan perahu miliknya pecah pada bagian depan.

“Ombaknya sangat dahsyat, bahkan perahu saya pecah di bagian depan,” jelasnya.

Saat ini sebanyak 11 orang ABK kapal naas tersebut mesih ditampung di rumah Sudi di kawasan Dusun Labuhan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak. (abr)

No Response