Dihantam Gelombang, Kapal Tugboat Tenggelam di Laut Bawean

Beberapa ABK kapal tugboat yang selamat sedang dimintai keterangan oleh aparat di Pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Sebuah kapal tugboat TB. Mitra Jaya 8 tenggelam di laut Bawean setelah dihantam gelombang tinggi, tepatnya di sekitar 8.5 mil arah timur Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Kapal milik PT Sahabat Kapuas ini diketahui bertolak dari Palangkaraya menuju Gresik pada 5 Desember 2020. Namun Naas, kapal tunda itu terbalik pada Senin (07/12/2020) sekira pukul 22.15 WIB.

Atas insiden tersebut, sebanyak tiga orang ABK masih dinyatakan hilang. Sementara lima orang ABK lainnya berhasil selamat.

Khairan, salah satu ABK asal Desa Sukaoneng yang berhasil selamat menjelaskan, dirinya sempat terombang ambing di lautan sekitar 6 jam lamanya. Beruntung akhirnya mendapatkan pertolongan dari kapal nelayan asal Tegal, Jawa Tengah, yakni KM. Rizki Mina Mulya yang saat itu sedang melaut di laut Bawean.

“Sekitar 6 jam kita terang naik life craft mulai pukul 22.00 WIB dan baru mendapat pertolongan kapal nelayan sekitar subuh,” jelas Khairan.

Dia juga menjelaskan, sebelum kejadian dirinya sedang tidur, namun terbangun ketika kapal sudah miring karena dihantam gelombang akibat cuaca buruk. Selanjutnya, ia langsung menuju ke dek kapal yang sudah dipenuhi air.

Dalam kondisi panik seperti itu, lanjut Khairan, salah satu ABK langsung meraih life craft. Lima orang ABK berhasil naik ke life craft, sementara tiga ABK lainnya masih dinyatakan hilang. (abr)

No Response