Bhumihara Ajak Warga Bawean Peduli Sampah

No comment 1487 views

Tim Bhumihara bersama HMI dan pelajar Bawean memungut sampah yang berserakan di pantai. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Salah satu pemenang Young Social Entrepreneurs (YSE) 2017 di Singapore, yakni Bhumihara, mengajak kepada warga di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, untuk peduli terhadap sampah.

Selain mengajak warga tidak membuang sampah sembarangan, tim Bhumihara juga melakukan kegiatan bakti sosial memungut sampah yang berserakan di kawasan pantai di Pulau Bawean. Sampah-sampah itu kemudian dipilah sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Salah satu tim Bhumihara Febri Raharningrum mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan survei terhadap dua desa yang ada di kecamatan Sangkapura Bawean, yaitu di desa Lebak dan desa Gunung Teguh.

(Foto: BG/Abr)

Alhasil, dalam satu hari Bhumihara dibantu mahasiswa HMI dan pelajar Bawean mampu mengumpulkan sebanyak 195 kg sampah berbagai jenis. Sampah itu kemudian dipilah, seperti sampah plastik, sampah organik, kertas, kaleng dan lainnya.

“Kita kemarin dapat mengumpulkan sebanyak 195 kg sampah, kemudian salah satu jenisnya kita bikin seperti ekobrik ini,” ujar Febri sambil menunjukkan ekobrik, salah satu seni mengola sampah plastik yang dimasukkan ke dalam botol, Rabu (7/03/2018).

Alumnus Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada ini juga mengatakan, dengan memanfaatkan dana yang diperoleh dari ajang YSE di Singapura, Bhumihara juga berencana membangun rumah pemulihan material untuk mendaur ulang sampah sehingga memikiki nilai ekonomis bagi warga.

Bhumihara berharap agar pulau-pulau kecil di Indonesia mandiri dalam mengelola sampah, sehingga timbul kesadaran tidak ada lagi sampah yang dibuang secara sembarangan maupun dibakar.

Dari sampah yang dianggap sebagai barang yang tidak berguna, Bhumihara mampu mengubahnya menjadi usaha kolektif untuk memberdayakan masyarakat setempat.

‚ÄúPersolan sampah tidak hanya terjadi di Bawean, bahkan hampir di seluruh pulau-pulau kecil di Indonesia juga sama,” ucapnya.

Selain melakukan kegiatan membersihkan sampah yang berserakan di pantai, tim Bhumihara juga giat melakukan kampanye tidak membuang sampah sembarangan ke sejumlah lembaga pendidikan di Bawean. (abr)

No Response