Diduga Keracunan Makanan, 13 Siswa SMP di Bawean Dilarikan ke Puskesmas

Belasan siswa SMP di Bawean mendapat penanganan medis usai mengalami mual dan muntah-muntah. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Sedikitnya 13 pelajar SMP Negeri 19 Tambak Bawean Gresik langsung dilarikan ke Puskesmas Tambak untuk mendapatkan perawatan medis, karena mengalami mual dan muntah-muntah usai mengonsumsi jajan di kantin sekolah, Sabtu (8/02/2020).

Kejadian bermula saat jam istirahat pertama tiba, sekira pukul 10.00 Wib. Para siswa membeli pentol dan es di kantin sekolah, sesaat kemudian mereka mengalami pusing, mual dan muntah, bahkan kulit mereka juga memerah.

Beruntung pihak sekolah langsung sigap dan membawa mereka ke UGD Puskesmas Tambak untuk mendapatkan penanganan medis.

Kepala Puskesmas Tambak drg. Saiful Umami membenarkan kejadian itu, namun semua siswa yang diduga keracunan jajanan sekolah itu sudah mendapatkan penanganan secara intensif di UGD Puskesmas Tambak.

“Hingga sore hari masih ada satu orang anak yang masih dirawat di UGD, tapi sekarang sudah pulang semua,” terang drg. Saiful.

Sementara untuk memastikan penyebab ke 13 anak itu mengalami mual dan muntah, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium sampel sisah makanan yang dikonsumsi para siswa.

“Kita hanya menduga saja bahwa mereka keracunan pentol, untuk mengetahui penyabab pastinya masih menunggu hasil lab sisah makanan yang dikonsumsi anak-anak tadi,” ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa petugas survailans juga sudah mendapatkan sampel makanan sisa yang dimakan oleh siswa. Sampel itu akan segera dikirim ke Dinkes Kabupaten Gresik untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. (abr)

No Response