Bupati Gresik Siapkan New Normal Dengan Penegakan Protokol Kesehatan

Rapat koordinasi persiapan penerapan new normal life dengan Penegakan Protokol Kesehatan (PPK) di Kabupaten Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Jelang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) III yang berlaku di Kabupaten Gresik pada 8 Juni mendatang, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto merancang persiapan new normal life atau era kehidupan normal baru dengan Penegakan Protokol Kesehatan (PPK).

“Nantinya akan diusulkan kepada Gubernur tentang gagasan pembatasan yang kami rancang berupa penegakan protokol kesehatan yang kita lakukan ini sebagai pengganti PSBB. Sejatinya, kita telah melaksanakan new normal lebih awal,” kata Sambari saat rapat koordinasi Forkopimda di Kantor Bupati Gresik, Jum’at (5/6/2020).

Dalam merancang PPK ini, Sambari bersama anggota Forkopimda Gresik juga mengundang Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik, Kementerian Agama Gresik, perwakilan dari beberapa perusahaan, serta perwakilan kelompok organisasi yang ada di Gresik.

“Untuk pelaksanaan penegakan protokol kesehatan yang akan diberlakukan di Kabupaten Gresik, saya meminta kesepakatan melalui pakta integritas dari semuanya. Termasuk dari Dewan Masjid, Kementerian Agama serta seluruh Perwakilan Perusahaan yang ada di Gresik,” pinta Bupati Sambari.

Dia juga menambahkan, jika sebelumnya pihaknya sudah mencanangkan desa tangguh Covid-19 dan pasar tangguh Covid, nantinya juga akan ada perusahaan tangguh covid dan masjid serta tempat ibadah tangguh covid dengan penegakan protokol kesehatan.

Gagasan Bupati Gresik itu disambut baik pihak Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik. Dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketua DMI Kabupaten Gresik, Zainal.

“Sebelumnya kami telah menyusun berbagai hal terkait new normal yang akan diberlakukan di seluruh masjid di Kabupaten Gresik. Tentunya kami sangat bersyukur apabila Bapak Bupati memberikan tambahan yang tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan dan akan kami sampaikan kepada 2.207 masjid se Kabupaten Gresik,” tandasnya.

Hal senada disampaikan perwakilan dari PT Indospring yang juga pengurus Appindo Gresik. Dia berjanji mendukung dan siap membantu mengkoordinasikan pakta integritas PPK itu kepada perusahaan anggota Appindo lainnya.

Beberapa anggota Forkopimda yang hadir juga menyatakan mendukung PPK yang digagas Bupati Gresik. Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menyatakan, bahwa pihaknya siap mendukung dan berharap PPK ini nantinya membentuk budaya baru yang baik dan sehat.

Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Inf Budi Handoko juga menyampaikan dukungan atas usul bupati. Ia bahkab meminta kepada semua yang hadir untuk memberikan dukungan sesuai tugas dan kapasitasnya masing-masing.

Hal senada disampaikan Kajari Gresik Heru Winoto. Ia juga mengusulkan agar pembukaan sarana publik dilakuakan secara bertahap.

“Masjid dan tempat ibadah lebih dahulu dibuka dan sekolah dibuka setelah semuanya siap. Hal ini untuk melindungi generasi bangsa,” ujarnya. (sdm/as)

No Response