Penyuluh Pertanian di Gresik Dituntut Punya Kompetensi Mumpuni

Ilustrasi petani

BeritaGresik.com – Penyuluh pertanian punya peran penting dalam memajukan pertanian di Tanah Air, termasuk di Gresik. Karena itu, seorang penyuluh harus memiliki kompetensi mumpuni dan wawasan luas tentang ilmu pertanian.

Penekanan itu disampaikan oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat membuka Diklat Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, beberapa waktu lalu.

Dia menekankan pentingnya keberadaan penyuluh pertanian yang profesional dan berkompeten. Menurut Sambari, seorang penyuluh pertanian harus memiliki wawasan yang luas terkait ilmu pertanian.

Sambari menjelaskan, bahwa penyuluhan pertanian merupakan bagian dari sistem pembangunan di bidang pertanian yang mempunyai kedudukan strategis, yakni dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Gresik.

“Melalui penyuluhan yang dilakukan nantinya mampu dikembangkan dan kemandirian petani dalam mengelola usaha pertaniannya,” ujar Sambari.

Disamping itu, Sambari menekankan pentingnya bagi pemerintah bersinergi dengan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan yang saat ini kondisinya dianggap stabil.

“Seorang penyuluh pertanian harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang berimbang. Oleh karena itu, yang saya inginkan adalah penyuluh pertanian harus memiliki figur lulusan jurusan pertanian,” imbuhnya. (iis/as)

No Response