Khofifah Pantau Persiapan New Normal di Gresik

No comment 2013 views

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau persiapan di Gresik jelang menghadapi era new normal. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi sejumlah tempat menjelang penerapan new normal atau kenormalan baru di Surabaya Raya, khususnya di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Salah satunya, ia berkunjung ke Kampung Tangguh Covid-19 di RW 8 Desa Petiken Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Kamis (4/6/2020). Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah mengaku bangga atas inisiatif warga setempat membentuk kampung tangguh.

“Kami berharap seluruh RW sekitarnya mengikuti aksi seperti yang ada di tempat ini. Insyaallah Gresik semakin sehat,” katanya.

Melihat kesiapan di beberapa wilayah di Kabupaten Gresik, Khofifah optimistis penerapan era new normal di Jawa Timur bisa dilaksanakan dengan baik.

“Keadaan yang ada di sini serta beberapa tempat di Jawa Timur ini bisa dijadikan role model bagi provinsi lain yang ada di Indonesia. Memang dibutuhkan ketangguhan baru di tingkat RT dan RW seperti yang ada di Gresik ini,” tandasnya.

Kepada Gubernur, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengampaikan, bahwa sampai saat ini pihaknya sudah membuat 56 desa tangguh dan 54 pasar tangguh Covid-19. Ia menargetkan model desa tangguh diterapkan di semua desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Gresik.

“Insyaallah dalam waktu sebulan mendatang semua desa di Gresik yaitu sebanyak 330 desa dan 26 kelurahan akan bisa dijadikan desa tanggung Covid 19. Bagi kami protokol kesehatan adalah harga mati untuk perubahan perilaku kehidupan yang merupakan modal utama new normal,” kata Sambari.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah juga sempat mengunjungi beberapa tempat lain di Gresik. Gubernur didampingi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran dan Dan Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah.

Saat pagi harinya, rombongan Gubernur mengunjungi Pasar rakyat Pondok Permata Suci (PPS) Manyar Gresik. Saat itu, Khofifah melihat langsung proses jual beli di Pasar PPS yang sudah sesuai protokol kesehatan WHO.

Semua pedagang tampak sudah memakai masker dan melaksanakan physikal distancing. Bahkan, beberapa pedagang sudah bersedia menggunakan face shield hasil pemberian BPBD Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Gresik.

Selepas dari Pasar PPS Manyar, Khofifah mengunjungi area industri di PT Karunia Alam Segar (KAS). Di Perusahaan yang mempekerjakan belasan ribu karyawan itu, ia bersama Forkopimda Jawa Timur dan Forkopimda Gresik beraudiensi dengan manajemen PT KAS terkait persiapan new normal. (sdm/as)

No Response