UISI Gresik Siap Menuju New Normal, Ini Langkahnya!

Kampus UISI di Gresik siap menerapkan ptotokol kesehatan di era new normal. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten Gresik telah mengakhiri masa Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah berjalan sebanyak III tahap. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bahkan menyampaikan, pihaknya memilih untuk mengakhiri PSBB namun masyarakat harus tetap menerapkan physical distancing dan social distancing dengan baik dan benar serta rajin mencuci tangan.

Saat ini, Gresik pun bersiap untuk memasuki era New Normal. Untuk itu, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) bersiap menuju New Normal dan beradaptasi dengan budaya baru di tahun ajaran baru 2020/2021.

Ada beberapa skenario dan tahapan yang dilakukan UISI dalam menyukseskan New Normal di lingkungan kampus, diantaranya:

1. Membentuk Tim Perumus dan Tim SATGAS Covid-19

Tim Perumusan ini merumuskan strategi jangka panjang New Normal. Sedangkan Tim SATGAS Covid-19 untuk memonitoring setiap harinya apakah New Normal UISI berjalan dengan baik atau terdapat hambatan.

“Dalam konsep New Normal di UISI ini, kita akan jadikan keselamatan seluruh civitas sebagai fokus pertama,” ungkap Nova, Ketua Tim Perumusan Covid-19,” Sabtu (27/6/2020).

2. Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis Online dan Offline tetap berjalan

Kegiatan Offline dilakukan setiap hari Senin-Jumat pada pukul 09.00-14.00 WIB dengan menerapkan sesuai protokol kesehatan dan jam kerja New Normal. Seluruh pendaftaran mahasiswa baru sampai tahap daftar ulang bisa dilakukan secara online maupun offline guna mempermudah calon mahasiswa baru UISI. Namun untuk pelaksanaan seleksi masih dilakukan secara daring.

3. Sosialisasi kepada Mahasiswa Baru, Lama, dan Orangtua/wali terkait penerapan New Normal di UISI

Saat ini masih diberlakukan perkuliahan dan ujian akhir semester mendatang secara daring, dengan menggunakan platform Zoom atau Google Hangout Meet. Oleh karenanya, UISI akan menyelenggarakan forum online bersama orangtua/mahasiswa guna mengkomunikasikan protokol New Normal UISI mendatang.

4. Kegiatan Belajar Mengajar di Kampus dan Bekerja di Kantor Bagi Karyawan sesuai protokol kesehatan

Protokol new normal diterapkan mulai berangkat ke kampus, ketika bekerja di kantor, dosen saat di dalam kelas, mahasiswa masuk kelas dan di dalam kelas, ketika jam istirahat dan ketika pulang dari kampus.

Penerapan protokol kesehatan di kampus UISI guna mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kampus. (Foto: BG/Abr)

Untuk karyawan, saat ini telah diberlakukan sistem piket. Sedang untuk kegiatan belajar mengajar offline, nantinya akan dilakukan di bulan Desember 2020. Saat ini, di lingkungan kampus sendiri telah dilengkapi dengan berbagai macam peralatan seperti hand sanitizer, tempat cuci tangan, pengecekan suhu badan dan lain-lain.

5. Prosedur Menerima Tamu, Dokumen, dan Paket di Kantor

Kampus UISI akan membatasi menerima tamu. Nantinya tamu hanya boleh berkunjung pada pukul 09.00-15.00 WIB dan jumlah maksimum 4 orang. Tamu juga wajib mencuci tangan dan menggunakan masker selama di lingkungan lampus. Kemudian, tamu wajib mengisi formulir self assessment yang ditandatangani si penerima.

Sementara paket yang akan diterima di lingkup UISI akan disterilkan menggunakan desinfektan. Lalu, satpam dan resepsionis wajib menggunaan masker dan sarung tangan.

6. Prosedur Komunikasi Resiko dan Peningkatan Kesadaran Kolektif

Bijak dalam berkomunikasi di media sosial dengan menyebarkan semangat positif. Berkomunikasi dalam forum offline (kelas/rapat) mengawali forum dengan mengingatkan akan pentingnya protokol kesehatan. Dan dihimbau agar tidak memilih topik pembicaraan terkait pandemi yang bersifat menakut-nakuti.

Jadi, pada Desember 2020 mendatang, UISI sudah menerapkan budaya baru, sehingga tidak ada lagi ketakutan dan kekhawatiran dari mahasiswa maupun dari pihak wali mahasiswa untuk menerapkan New Normal di UISI. Karena Sosialisasi yang telah dilakukan sebelumnya. (abr/adv)

No Response