UISI Gresik Umumkan Peraih Beasiswa Penuh APERTI BUMN 2020

Beasiswa APERTI BUMN. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) kembali memberikan beasiswa secara penuh kepada siswa dan siswi SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Pada tahun kedua ini, total pendaftar APERTI BUMN sebanyak 65.000 peserta dari Sabang sampai Merauke, dengan nilai total yang mendapatkan beasiswa sekitar Rp3.262.160.000. Penerima beasiswa secara penuh berjumlah 40 orang dengan masing-masing 5 orang dari 8 perguruan tinggi di bawah naungan BUMN.

Kedelapan perguruan tinggi tersebut di antaranya Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Telkom University (Tel-U), Institut Teknologi PLN (IT-PLN), BRI Institute, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), dan IT Telkom Surabaya (ITTS), dan Universitas Pertamina (UP).

Untuk itu, maka pada Rabu (22/7), telah berlangsung pengumuman penerima beasiswa APERTI BUMN via Zoom yang dihadiri oleh rektor masing-masing perguruan tinggi dan media massa. Para Rektor mengumumkan secara resmi nama-nama penerima beasiswa yang akan menjalani studi di kampusnya masing-masing.

(Foto: Istimewa)

Sebelumnya, beasiswa APERTI BUMN diluncurkan pada 14 Mei 2020. Peserta telah melakukan proses pendaftaran secara online, seleksi yang dilaksanakan online berdasarkan nilai rapor, dan pada tahap akhir 80 calon penerima beasiswa mengikuti wawancara guna menggali lebih jauh motivasi dan potensinya. Sehingga terpilih 40 orang sebagai pemenang penerima beasiswa APERTI BUMN 2020.

“Melalui program beasiswa APERTI ini, kita harapkan APERTI BUMN dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi dan spirit untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Dan adik-adik putra dan putri Indonesia yang mendapatkan beasiswa tersebut kita harapkan mampu mentransformasikan dirinya menjadi SDM unggul, baik secara nasional maupun global,” papar Ketua APERTI BUMN Prof. Akhamaloka, Ph.D.

Terkait hal itu, Universitas Internasional Semen Indonesia telah mengumumkan 200 peserta yang lolos administrasi dari total 7005 pendaftar. Kemudian, terdapat sebanyak 20 peserta lolos ke tahap seleksi wawancara. Hasil akhir, diambil lima orang sebagai pemenang penerima beasiswa APERTI BUMN 2020. Nama pemenang tersebut sebagai berikut:

1. Rio Oktrovian, SMAN 6 Kendari – Teknik Logistik
2. Juita Pebriani Pane SMAN 2 Balige – Informatika
3. Tiara Awliya Paramitha SMAN 1 Sooko, Mojokerto – Desain Komunikasi Visual
4. Aandri SMAN 2 Sekayu – Teknologi Agroindustri
5. Azwar Appandi Nasution –SMAN 1 Padang Sidempuan – Ekonomi Syariah

“Yang paling menggembirakan adalah sebaran geografis pendaftar sudah melingkupi seluruh wilayah nusantara dari Sabang sampai Merauke,” ujar Rektor UISI, Prof. Herman Sasongko.

UISI Gresik Tambahkan Beasiswa Rp2,2 Miliar di Tengah Pandemi

Dilain hal, UISI memberikan tambahan kepada 1000 peserta dengan pemeringkatan nilai terbaik dalam proses seleksi beasiswa Aperti BUMN, yaitu beasiswa Apresiasi Prestasi dan Sportif. Dengan demikian, maka UISI memberikan beasiswa tambahan berupa potongan uang kuliah dengan total Rp2,2 miliar.

“Beasiswa ini adalah bentuk apresiasi UISI kepada putra atau putri bangsa Indonesia agar bisa tetap kuliah dan meraih mimpi dan cita-citanya ditengah ujian kemanusiaan COVID-19,” ungkap Herman.

Para penerima beasiswa tersebut dapat dilihat melalui link https://pmb.uisi.ac.id/.
Herman menjelaskan, Beasiswa Penghargaan Prestasi diberikan berupa potongan biaya investasi pendidikan hingga 40% yang ditujukan kepada calon mahasiswa tahun akademik 2020/2021, yang belum lolos pada seleksi beasiswa Aperti BUMN namun memiliki prestasi yang luar biasa. Beasiswa ini berlaku untuk seluruh program studi, termasuk di antaranya program studi Ekonomi Syariah dan Manajemen Rekayasa.

(Foto: Istimewa)

Sedang beasiswa lainnya yaitu Beasiswa Sportif. “Beasiswa Sportif ini diperuntukkan bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi, yang tidak lolos pada beasiswa Aperti BUMN namun termasuk dalam 1000 pendaftar yang memiliki nilai terbaik,” kata Rosa Rilantiana, Kepala direktorat Kerjasama, Promosi, dan Komunikasi UISI.

Menurutnya, program tersebut dinamakan beasiswa Sportif karena para calon pendaftar telah berjuang untuk mendapatkan beasiswa dengan ribuan pelamar. Sportif bukan berarti kalah, melainkan sikap atau mental dimana calon pendaftar telah bersikap ksatria, jujur dan fair dalam proses seleksi beasiswa Aperti.

Dalam beasiswa sportif, seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa berupa potongan biaya investasi pendidikan sebesar 20%. Beasiswa ini akan diberikan kepada 1000 peserta dengan pemeringkatan nilai terbaik dalam proses seleksi beasiswa Aperti BUMN UISI. (as)

No Response