Keren, Orientasi MABA UISI Bernuansa Internasional

Arafat hazrati, Mahasiswa Baru UISI dari Afghanistan saat mengikuti kegiatan Orientasi MABA secara daring. (Foto: istimewa)

BeritaGresik.com – Orientasi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) dibuka pada Senin (11/10) melalui daring. Kegiatanorientasi mahasiswa baru UISI dikenal dengan nama IO CHAMPS. Kegiatan ini diikuti oleh 360 mahasiswa baru termasuk 3 mahasiswa asing dari Thailand dan Afghanistan. Ini adalah kali pertama UISI mulai membuka kesempatan kuliah bagi mahasiswa asing.

Rektor UISI Prof. Dr. Ing. Ir Herman Sasongko, menyambut Mahasiswa Baru dengan berpesan bahwa pada tahun – tahun sebelumnya, penyambutan pembukaan IO CHAMPS dilakukansecara offline dengan cara upacara bendera yang sangat megah dan dapat bertemu satu sama lain. Maka kali ini terpaksa harus menyelenggarakan secara daring, dengan tidak bermaksud untuk mengurangi kekhusukannya, untuk menyambut, menghargai dan mendoakan saudar asekalian agar lancer studi di UISI. Dengan segera bisa menjadi agen pembangunan bagi bangsa, yang tangguh dan berakhlaq yang mulia.

“Selamat kepada mahasiswa baru UISI 2020, selamat menempuh pendidikan tinggi di UISI, selamat berkarir, belajar dari kehidupan yang real, belajar dari praktisi industri dan mengembangkan networking satu sama lain” papar Prof. Dr. Ing. Ir Herman Sasongko.

IO CHAMPS yang sebelumnya diadakan secara langsung atau tatap muka, kali ini harus dilaksanakan melalui daring, kegiatan Informasi dan Orientasi Mahasiswa Baru dan penanaman budaya CHAMPS pada seluruh mahasiswa baru UISI tersebut bertujuan memberi informasi dan orientasi kepada mahasiswa baru terkait kehidupan perkuliahan dan menanamkan budaya champs, acara ini berlangsung sejak tanggal 12 hingga 15 Oktober 2020, dan dilanjutkan setiap sabtu (24, 31 oktober dan 7 November 2020).

Mahasiswa baru UISI saat mengikuti kegiatan Orientasi secara daring.

Muhammad Faisal Ibrahim, S.T., M.T selaku penanggungjawab IO CHAMPS 2020 menjelaskan bahwa IO CHAMPS tahun ini mengusung beberapa program yang diselenggarakan yaitu Grand Opening IO CHAMPS, Seminar Mahasiswa Korporasi, Budaya Champs, Kewirausahaan, Meminimalisir Hoax, kesadaran lingkungan hidup Dan bencana, menoring, nasionalisme, peran fungsi mahasiswa, kepekaan sosial, wawasan kebangsaan, materi direktorat UISI, beasiswa, international affairs, kompetisi mahasiswa dan terakhir Closing IO CHAMPS 2020.

Memang ada yang berbeda IO CHAMPS di tahun ini selain salah satunya dilakukan secara daring. namun di UISI yang membedakan dan baru kali pertama adalah adanya tiga Mahasiswa Asing dalam periode 2020/2021 berasal dari Thailand dan Afghanistan. Bertambahnya atmosfer Internasional di lingkungan UISI. yang sebelumnya atmosfer Internasional di UISI memang sudah menjadi budaya dengan perkuliahan yang sebagian disampaikan dalam bahasa Inggris serta akan kuliah bersama dengan mahasiswa asing program pertukaran. Maka dengan adanya mahasiswa asing sekarang, atmosfer Internasiona akan lebih dirasakan di UISI.

Matrikulasi khusus yaitu bimbingan Bahasa Indonesia akan diberikan kepada tiga mahasiswa asing ini. “Dua mahasiswa yang berasal dari Thailand sebenarnya sudah bisa berbahasa Indonesia dengan lancar, mereka mengikuti perkuliahan di UISI dengan pengantar Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” papar Roostika sari Nugraheni, Kepala Bagian Kerjasama.

“I hope that I can get the maximum knowledge of computer and I hope that I can survive in this place that is new place of me and can live with my new friends and I have to graduate from UISI,” ungkap Varit Sama-Un, mahasiswa Sistem Informasi yang berasaldari Thailand. (abr)

No Response