Resmi, UISI Gresik Kukuhkan Mahasiswa Baru Via Daring

Pengukuhan mahasiswa baru UISI via daring tahun akademik 2020/2021. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik resmi mengukuhkan mahasiswa baru usai mengikuti kegiatan Informasi dan Orientasi Mahasiswa. Pengukuhan itu dilakukan via daring dalam Sidang Terbuka Senat, Selasa (11/11/2020).

Pada tahun ini, total pendaftar berjumlah 9723 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 380 yang telah diterima sebagai mahasiswa UISI. Jumlah pendaftar pada tahun akademik 2020/2021 mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.

Mereka mendaftar melalui jalur penerimaan Beasiswa APERTI BUMN, Beasiswa KIP-K, Rapor, Reguler, Beasiswa Unggulan, Jalur Prestasi, Reguler One Day, UTBK, Beasiswa Kemitraan, Beasiswa Internasional, Beasiswa CIVITAS UISI dan Jalur Transfer/Pindahan.

Tak hanya itu saja, tingkat sebaran pendaftar PMB UISI pun terbilang merata di sejumlah provinsi yang ada di Indonesia. Lima provinsi tertinggi sebagai di antaranya Jawa Timur 36%, Jawa Tengah 11%, Sumatera Utara 11%, Jawa Barat 10% dan Sumatera Barat sebanyak 4%.

Sebaran asal mahasiswa baru UISI berasal dari 17 Provinsi dari seluruh Indonesia, mulai dari seluruh provinsi di pulau Jawa dan beberapa kota di Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

Provinsi Jawa Timur masih menjadi wilayah sebaran yang paling dominan dengan 10 kota atau kabupaten terbanyak, yakni Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Jombang.

Selain sebaran mahasiswa baru UISI yang semakin luas di tingkat nasional, pada tahun ini UISI telah memberikan nuansa yang berbeda dengan adanya mahasiswa Internasional yang berasal dari Thailand dan Afghanistan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin adanya peningkatan kualitas UISI secara keseluruhan.

“Jadikanlah momentum ini sebagai awal untuk mencetak karya unggulan dan prestasi untuk negeri,” kata Prof. Fahimah Martak, Wakil Rektor I UISI kepada para mahasiswa baru.

Sidang Sebat Terbuka waktu itu juga dihadiri Rektor Prof. Dr-ing. Herman Sasongko. Dalam kesempatan itu, ia membacakan sebuah puisi untuk para mahasiswa baru.

Dia juga mengucapkan selamat memasuki dunia pendidikan tinggi kepada mahasiswa baru. Ia berharap para mahasiswanya mulai belajar mandiri dan berkreasi. Prinsip pendidikan tinggi itu diyakini akan menguubah tata nilai, dari tata nilai kanak-kanak menjadi tata nilai manusia dewasa yang mandiri.

“Selamat datang menjadi keluarga besar UISI, selamat berkreasi, selamat mengembangkan diri. Selamat berkarya,” ucapnya.

Selain pengukuhan mahasiswa baru, acara diisi dengan penyampaian orasi ilmiah oleh Tina T. Kemala Intan, Direktur Human Capital Dan Legal Director PT. Semen Indonesia (Persero) TBK.

Dalam orasi ilmiahnya, Tina berpesan kepada mahasiswa baru agar mempersiapkan diri dengan baik. “Jadi kalau anda ingin dapat tujuan yang extraordinary people, anda harus kerja smart,” pungkasnya. (abr)

No Response