Cegah Corona, Pemeriksaan Penumpang di Pelabuhan Gresik Diperketat 

Calon penumpanh kapal laut di Pelabuhan Gresik melewati kamar chamber penyemprotan disinfektan. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Mengantisipasi semakin meluasnya sebaran virus Corona (Covid-19), PT Pelindo Indonesia III Gresik memperketat pengawasan calon penumpang tujuan Pulau Bawean di Pelabuhan Gresik. Selain mengecek suhu badan, Pelindo juga memasang chamber di pintu terminal penumpang.

Dengan demikian, calon penumpang kapal laut tujuan Bawean dilakukan dua kali pengawasan. Pertama, mereka harus terlebih dulu melewati sebuah kamar chamber yang secara otomatis menyemprotkan zat disinfektan dari atas kepala.

Selanjutnya, petugas Pelindo masih harus melakukan tes suhu badan kepada setiap calon penumpang untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat.

Langkah Pelindo III dengan memasang chamber di pintu terminal penumpang ini mendapat apresisasi dari banyak pihak, salah satunya Reven S Putra, Kepala Cabang Gresik PT SIM. Melalui akun Whatsapp miliknya, ia memposting proses screening calon penumpang dengan keterangan, “Pelindo Gresik Mantap”, diikuti dengan tanda jempol.

Selain itu, apresiasi terhadap langkah Pelindo Gresik ini juga disampaikan oleh Sekjen PSB Ahmad Fatah Yasin. Pria yang akrab disapa Afys ini berpendapat, pengadaan chamber di pintu masuk terminal pelabuhan Gresik memang harus ada demi mencegah penyebaran visrus Corona kepada penumpang.

“Luar biasa, memang seharusnya pemasangan chamber ini dilakukan sejak awal di tempat-tempat umum,” tuturnya.

Meski demikian, menurut pria kelahiran Bawean itu, masyarakat tetap harus melakukan social distancing secara mandiri, menjaga kebersihan, serta membiasakan pola hidup sehat agar tidak terinfeksi virus mematikan Covid-19.

“Alam Bawean sangat mendukung untuk hidup sehat, ikan segar melimpah, air panas ada, air laut dekat. Sekarang ayo kita galakkan gaya hidup sehat di Bawean, seperti membiasakan minum degan dan lainnya,” pungkasnya.

Sampai saat ini, Minggu (29/3/2020), pelayanan transportasi kapal laut dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean masih berjalan normal, meski dibayangi ancaman penyebaran virus Corona di Tanah Air yang semakin meluas.

Pada hari ini, kapal Bahari tujuan Pulau Bawean mengangkut sebanyak 381 penumpang dewasa dan 6 anak-anak. Dari jumlah itu, sebagaian besar didominasi oleh pelajar dan santri. (abr)

No Response