Miris, Tenaga Medis di Bawean Pakai Jas Hujan Tangani ODP Corona

Para tenaga medis di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik saat mendatangi pasien dalam daftar ODP di sejumlah desa. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Tenaga medis merupakan garda terdepan penanganan wabah virus Corona (Covid-19). Karena itu, mereka harus dibekali dengan alat pelindung diri (APD) saat memantau dan menangani orang dalam pemantauan (ODP).

Namun tidak demikian dengan yang terjadi di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Para tenaga medis yang bertugas memantau ODP virus Corona hanya berbekal baju jas hujan sebagai alat untuk pelindung dirinya.

Kendati sampai sekarang belum ada pasien positif terpapar Corona di Pulau Bawean, namun sudah ada 11 warga di sana yang masuk dalam daftar ODP. Sebanyak 7 ODP di Kecamatan Tambak dan 4 ada di Kecamatan Sangkapura.

Petugas medis di Bawean yang enggan disebutkan namanya mengaku sangat was-was ketika harus melakukan tugas pemantauan terhadap pasien ODP, karena sampai saat ini belum dibekali APD oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik.

“Sebenarnya sangat was-was, tapi mau bagaimana lagi, ini tugas profesi dan tugas kemanusiaan juga. Mudah-mudahan semua pasien ODP di Bawean hanya demam biasa, dan mereka segera sembuh,” tuturnya, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, dalam melakukan pemantauan pasien ODP, petugas medis tidak hanya mengecek kondisi kesehatan dan suhu badan saja, tapi juga mencatat riwayat perjalanan pasien apakah pernah bepergian ke daerah zona merah atau tidak.

“Semua didata, termasuk riwayat perjalanan mereka,” pungkasnya. (abr)

No Response