Gresik Akan Bangun Taman Holtikultura

No comment 1628 views

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat memimpin proses awal memulai pembangunan taman holtikultura, Jumat siang (18/10/2019). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten Gresik berencana membangun taman holtikultura dengan ribuan jenis tanaman. Taman tersebut akan dibangun di sebelah barat gerbang pintu keluar kantor Bupati Gresik.

Itu diasampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat memimpin proses awal memulai pembangunan taman holtikultura, Jumat siang (18/10/2019). Pembangunan taman bertujuan menciptakan lingkungan yang hijau dan indah.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto akan membangun taman holtikultura. Taman yang akan dimulai pembangunannya pada tahun 2020 tersebut letaknya ada di sebelah barat gerbang pintu keluar kantor Bupati Gresik.

“Taman Holtikultura ini akan ditanam berbagai jenis tanaman holtikultura. Jumlahnya ratusan bahkan kalau bisa ribuan. Tanaman-tanaman ini akan ditempatkan di pot-pot yang akan diatur sedemikian rupa. Kami ingin taman ini bisa menjadi area penelitian bagi para pelajar dan mahasiswa,” kata Sambari.

Menurut Kepala Bagian Umum Sukardi, saat ini sedang dilakukan tahap pemerataan tanah di lokasi yang akan dibangun taman. Tahapan ini dipimpin langsung oleh Bupati Gresik Sambari.

“Tahapan ini kami namakan cut and fill . Kami harus mendatangkan dua alat berat berupa back hoe. Untuk satu alat berat yang kami operasikan saat ini terlalu kecil, sehingga tidak kuat untuk memindahkan batu-batu besar. Sore nanti kami akan datangkan yang lebih besar,” jelas Sukardi.

Selain untuk keindahan lingkungan, dia berharap taman itu bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa di Gresik untuk penelitian. Untuk itu, diperlukan koordinasi dengan OPD terkait guna menyiapkan beberapa tanaman holtikultura yang ada di Indonesia.

“Selain tanaman, ditempat itu juga akan disiapkan taman satwa untuk burung-burung. Burung-burung tersebut kami pelihara untuk berkembang biak. Tahap awal nanti akan disiapkan jala untuk burung-burung itu agar tidak lepas,” papar Sukardi kepada Kepala Plt. Bagian Humas Satriyo Utomo. (sdm/as)

No Response