Musim Hujan, BKSDA Bawean Ajak Mahasiswa Reboisasi Pemulihan Hutan

BKSDA bersama mahasiswa Bawean reboisasi hutan

BeritaGresik.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) RKW 11 Pulau Bawean bersama Mahasiswa Pecinta Alam STAI Hasan Jufri Bawean dan dibantu oleh masyarakat lokal kompak mengadakan Reboisasi pemulihan hutan Bawean di blok danau Kastoba, Senin (14/12/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan memperbaiki hidrolologi hutan demi mencegah terjadinya tanah longsong serta melestarikan sumber daya air.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) RKW 11 Pulau Bawean Nur Syamsi memgatakan kegiatan reboisasi ini sengaja juga melibatkan partisipasi masyarakat sekitar selain untuk penyelamatan hutan juga memberikan kesadaran kepada warga untuk bersama-sama menjaga sumber daya alam, sehingga.

“Alhamdulillah selain mahasiswa partisipasi dari masyarakat juga sangat antusias, dan sebelum proses menanam dimulai kami lakukan pembekalan dulu seputar pentingnya menjaga hutan, “tuturnya.

Selain di kawasan danau kastoba mereka juga melaksanakan Reboisasi hutan di kawasan Beto Celeng desa Kelompanggubug kecamatan Tambak.

Tak hanya disitu, kegiatan Reboisasi tersebut rencanya akan berlanjut ke blok Teneden, blok hutan Pamegetan, blok Tarip-tarip, dan blok cemedak dengan total seribu Bibit Pohon yang akan ditanam, diantanya pohon Gondang, Mahoni, Binong, dan Nyamplung yang mampu menghasilkan air di kemudian hari. (M.Rawi)

No Response