Bupati Gresik Tegaskan Kepala OPD Harus Bekerja Sesuai Pakta Integritas

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menandatangani berkas yang disodorkan oleh salah satu OPD beberapa saat setelah apel. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Ada yang berbeda pada apel pagi, Senin (13/1), di halaman kantor Bupati gresik yang diikuti semua PNS di lingkungan Pemkab Gresik. Tidak seperti apel-apel sebelumnya, dalam apel kali ini Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta laporan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Gresik terkait pegawai yang tidak ikut apel atau dinas luar.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sambari mewanti-wanti semua kepala OPD agar merelisasikan progran kerjanya, khususnya selama satu tahun ini. “Alhamdulillah semua kepala OPD dan camat sudah menandatangani komitmen perjanjian untuk bisa merealisasikan semua program kerjanya,” kata Sambari.

Bupati Gresik dua periode itu juga menekankan kepad para kepala OPD agar melaporkan secara berkala keberhasilannya dalam merealisasikan program yang telah di rencanakan.

Tak hanya itu, para kepala OPD Pemkab Gresik juga diwajibkan menyelesaiakan program kerjanya, baik itu program yang didanai oleh APBD maupun APBN.

Untuk triwulan pertama, kepala OPD Pemkab Gresik harus bisa merelisasikan programnya hingga 15%. Lalu pada triwulan kedua, program kerjanya harus terealisasi hingga mencapai 30%.

Selanjutnya, pada triwulan ketiga juga mereka ditarget merealisasikan 30% program, dan pada triwulan keempat 25%. “Sehingga dalam setahun semua OPD di Kabupaten Gresik sudah bisa merelisasikan 100% program kerjanya,” tutur Sambari.

Dengan terealisasinya penggunaan dana dari APBD dan APBN sesuai target setiap triwulan, maka tidak akan terjadi silpa, karena semua anggaran akan terserap untuk kepentingan belanja langsung maupun tak langsung yang semuanya untuk kepentingan warga Gresik.

Langkah itu dilakukan Bupati Gresik agar kepala OPD tidak main-main dengan komitmennya. Apalagi tahun ini merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan Sambari sebagai Bupati Gresik.

Untuk itu, Bupati Gresik berjanji akan memantau langsung setiap program yang direncanakan oleh masing-masing OPD. Kepala OPD yang tak komitmen dengan janjinya akan dievaluasi. Bahkan mereka juga akan dikenakan sanksi. (as)

No Response