Bupati Gresik Minta Aparat Tindak Tegas Penimbun Masker

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dalam kegiatan jalan sehat dalam rangka HUT Pemkab Gresik ke-46 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-533. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Kelangkaan masker terjadi di tengah kekhawatiran masyarakat terhadap merebaknya virus Corona atau Covid-19. Itu diduga terjadi akibat ulah sejumlah pihak yang memanfaatkan situasi untuk menimbun masker.

Menyikapi hal itu, Bupati Gresik Sambari Hali Radianto memberikan peringatan keras kepada pihak yang memanfaatkan situasi saat ini. Ia meminta agar aksi menimbun masker dan menjualnya dengan harga tinggi segera dihentikan. Ia meminta kepada aparat penegak hukum untuk menindaknya secara tegas.

Itu disampaikan Sambari dihadapan 15 ribu masyarakat Gresik dalam kegiatan jalan sehat dalam rangka HUT Pemkab Gresik ke-46 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-533 di halaman Wahana Ekspresi Poesponegoro, Minggu (8/3/2020) pagi.

“Jangan merugikan masyarakat di tengah situasi seperti ini. Kami minta untuk segera menghentikan aktifitas penimbunan. Aparat kepolisian kami minta untuk bertindak tegas jika nantinya masih ditemukan penimbunan masker,” tegasnya.

Selain itu, dia meminta seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Gresik untuk memberikan edukasi positif kepada masyarakat agar tetap tenang, memberikan pemahaman mengenai penyebab dan pencegahan virus Corona.

“Dan kami minta kepada masyarakat untuk tidak panik dan khawatir, asalkan mengetahui dan memahami bagaimana cara pencegahan virus tersebut,” ucapnya.

Sambari juga mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, seperti mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun. Lalu, memakai masker saat bepergian, menggunakan sanitizer usai melakukan aktifitas di luar rumah hingga menjaga pola makan.

“Kami harap masyarakat juga turut menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. Makanan yang hendak dikonsumsi juga harus dijaga kebersihannya. Sehingga kekhawatiran masyarakat terhadap bahaya penyakit dapat dicegah,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Bupati Moh. Qosim. Ia meminta kepada para dokter di setiap rumah sakit untuk bisa membantu pemerintah dalam menyampaikan edukasi terhadap cara pencegahan virus Corona.

“Kami minta kepada para dokter, khususnya untuk bisa membantu pemerintah dalam memberikan wawasan kepada masyarakat terhadap pencegahan Corona,” pinta Wabup.

Dengan adanya sinergi semua pihak diharapkan dapat menekan kecemasan yang berlebihan di tengah masyarakat. (iis/as)

No Response