Presiden Minta Bansos dan Padat Karya Disalurkan Minggu Ini

Presiden saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna, Rabu (6/5). (Foto: Humas/Rahmat)

BeritaGresik.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dana desa dan program padat karya tunai agar direalisasikan dalam minggu ini.

”Bansosnya biar diterima masyarakat, program padat karya juga sudah jalan di lapangan,” tutur Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna, dilansir dari setkab.go.id, Rabu (6/5/2020).

Permintaan tersebut didasari bahwa Covid-19 telah memukul perekonomian banyak negara, termasuk Indonesia. Wabah Corona juga memukul dua sisi sekaligus, yaitu sisi demand, sisi permintaan, sisi suplai dan sisi produksi.

”Dari sisi suplai (sisi penawaran) indeks manufaktur Indonesia, (Purchasing Managers Index (PMI), red) pada April 2020 juga mengalami kontraksi terdalam bila dibandingkan negara lainnya di Asia,” ujar Jokowi.

Menurut dia, Indonesia berada di level 27,5% lebih rendah dibandingkan Korea Selatan 41,6%, Malaysia 31,3%, Vietnam 32,7% dan Filipina 31,6%. ”Ini hati-hati mengenai indeks manufaktur Indonesia, agar juga dicarikan solusi dan jalan agar kontraksi ini bisa kita perbaiki,” ucapnya.

Untuk itu, Jokowi meminta para menterinya di bidang ekonomi agar memperhatikan angka-angka yang telah disampaikan secara detail.

”Mana saja sektor, subsektor yang mengalami kontraksi paling dalam, dilihat secara detail dan dicarikan stimulusnya. Sehingga program stimulus ekonomi betul-betul harus kita buat dan harus tepat sasaran dan bisa mulai merancang skenario ­recovery pemulihan di setiap sektor atau subsektor,” tuturnya. (as)

No Response