AKPSW Gelar Diskusi Publik Bahas Potensi Ekonomi Maritim di Bawean

Nelayan di Pulau Bawean, Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Pulau Bawean dinilai memiliki potensi ekonomi kelautan yang cukup besar. Namun hingga saat ini potensi tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.

Karena itu, Sekolah Akademi Komunitas Penabulu Samudra Wiyata (AKPSW) akan menggelar diskusi publik dan stadium general bertajuk “Percepatan Pembangunan Ekonomi dan Kemaritiman Bawean Kabupaten Gresik”.

Diskusi publik tersebut akan diadakan pada Rabu, 4 Maret 2020, pukul 09.00-12.00 Wib di gedung STIT Raden Santri Bawean, Kabupaten Gresik.

(Foto: Dok. BG)

Selain Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, kegiatan ini juga akan dihadiri mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli sebagai narasumber.

Ketua Yayasan Penabulu Samudra Wiyata Syarifuddin mengatakan, diskusi ini terbuka untuk publik. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggali potensi ekonomi maritim di Bawean.

“Pulau Bawean punya potensi ekonomi maritim yang luar biasa. Untuk itu, diperlukan upaya dan langkah bagi pemerintah bersinergi dengan maayarakat guna mempercepat pembangunan ekonomi maritim di Pulau Bawean,” ujarnya.

Dengan demikian, Syarifuddin meyakini potensi ekonomi maritim yang ada mampu menopang perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga Bawean yang sebagian besar mata pencahariannya bergantung dari hasil laut.

Selain itu, diskusi publik dan stadium general ini digelar dalam rangka peresmian gedung AKPSW di Bawean. Gedung baru tersebut terletak di Desa Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura, Gresik.

Meski terbilang baru berdiri di Pulau Bawean, saat ini sekolah AKPSW sudah punya dua jurusan, yaitu jurusan  Perikanan Tangkap dan Ekowisata. (as)

No Response