Meriahkan Malam Takbiran di Bawean, Aneka Lampion Hias Diarak Sepanjang Jalan

  • Share
Lampion Hias diarak dalam rangka meriahkan malam takbiran

BeritaGresik.com – Warga Bawean khususnya di kecamatan Tambak memiliki tradisi unik dalam menyambut malam takbiran lebaran idul fitri.

Seperti malam takbiran kali ini, Selasa (09/04/2024). Warga di kecamatan Tambak membludak menyaksikan kemeriahan malam takbirak di sepanjang jalan raya di desa Tambak.

Sambil mengumandangkan gema takbir mereka mengarak aneka lampu hias raksasa yang dibuat dari bambu, kemudian dihiasi dengan berbagai macam lampu warna-warni. Sontak saja jalan raya area kecamatan Tambak penuh sesak dengan lautan manusia, mereka antusias ingin menyaksikan kemeriahan malam takbiran yang hanya ada satu tahun sekali saja.

Tradisi tahunan ini seakan menjadi ajang adu kreatifitas antar kampung dalam menghias aneka lampion raksasa dengan berbagai bentuk. 

Salah satu lampion raksasa yang diarak di malam takbiran kali ini adalah Ruba Ekor Sembilan yang dibuat sangat indah dengan aneka lampu warna warni  menghiasi seluruh tubuh ruba. Kreatifitas warga dusun Timur Sungai desa Tanjungori ini ditarik menggunakan gerobak dan diarak oleh warga setempat sembari mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid.

Jumali, salah satu tokoh warga Dusun Timur Sungai mengatakan Lampion rubah yang diarak warganya di malam takbiran merupakan kreatifitas remaja masjid Timur Sungai.

“Iya lampion rubah kaki sembilan itu merupakan karya remaja masjid di kampungnya, “tuturnya.

Dikatakan, remaja masjid di kampungnya butuh waktu sekitar satu minggu untuk merampungkan kegiatan menghias lampion Ruba Kaki Sembilan, mereka juga tak kenal lelah bekerja siang malam demi ikut andil memeriahkan malam takbiran di kecamatan Tambak.

“Butuh waktu sekitar satu minggu mereka mengerjakan itu, dan anggarannya juga lumayan besar dari remaja masjid juga, “pungkasnya. (abr)

  • Share
Exit mobile version