Melihat Keseruan Balapan Perahu Kalotok di Pulau Bawean

  • Share
Balapan Perahu Kalotok di Perairan desa Kepuhteluk Tambak Bawean

BeritaGresik.com – Puluhan perahu nelayan jenis kalotok memadati laut di Desa Kepuhteluk kecamatan Tambak Bawean kabupaten Gresik, Sabtu (09/10/2022).

Tak hanya nelayan desa setempat, mereka juga datang dari beberapa desa tetangga seperi nelayan desa Sidogedung dan lainnya dalam rangka mengikuti balapan perahu kalotok yang diselenggran oleh DPC Partai demokrat kabupaten Gresik.

Tak lama kemudian, terlihat asap hitam mulai mengepul dari cerobong mesin perahu kalotok ketika beberapa perahu nelayan yang biasanya digunakan untuk memancing ikan tongkol tersebut berlomba mencapai titik finish yang sudah ditandai dengan bendera oleh panitia pelaksana.

Kegiatan balapan perahu nelayan ini merupakan bagian dari rangkaian acara sehari sebelumnya yaitu musyawarah ranting partai demokrat serentak se kecamatan Tambak.

Kemeriahan balapan perahu kalotok ini bertambah seru ketika perahu nelayan yang dinaiki rombongan pengurus DPC partai demokrat kabupaten Gresik ikut menjajal attraksi balapan kalotok yang diikuti oleh puluhan perahu lainnya dari berbagai kampung nelayan di Bawean.

Ketua DPC partai demokrat kabupaten Gresik Supriyanto yang ikut hadir dalam kegiatan nelayan ini sangat mengapresiasi kekompakan para nelayan Bawean yang ikut memeriahkan rangkaian acara silaturrahmi partai demokrat kali ini.

Kepada para nelayan Supriyanto menuturkan bahwa salah satu program prioritas partai demokrat di Bawean adalah memperjuangkan kesejahteraan para nelayan.

Untuk itu Supriyanto optimis agar pada pemilu 2024 nanti partai demokrat dapat meraih satu kursi untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Bawean termasuk juga aspirasi nelayan.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Bappilu partai demokrat provinsi Jawa Timur H Samwil yang juga hadir pada balapan perahu nelayan kali ini.

H Samwil yang saat ini juga sebagai anggota DPRD provinsi Jawa Timur berjanji akan terus mengupayakan kesejahteraan nelayan dengan cara memberikan bantuan melalui program jasmas. “Tahun lalu melalui jasmas kami telah membantu puluhan mesin perahu nelayan, dan program bantuan untuk nelayan akan terus kami perjuangkan, insyallah tahun depan ada lagi tambahan 20 mesin bantuan untuk nelayan, “pungkasnya. (abr)

  • Share
Exit mobile version