300 Ghudek Hiasi Peringatan Maulid Nabi di Ponpes Penaber Bawean

Perongatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Penaber Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Pondok Pesantren (Ponpes) Penaber yang berlokasi di Dusun Paginda, Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik mengapresiasi pengrajin Ghudek atau kerajinan tradisional anyaman bambu yang belakangan ini hampir punah.

Ghudek atau Ceppo biasa digunakan oleh masyarakat Bawean tempo dulu. Namun, seiring perkembangan waktu, wadah yang terbuat dari anyaman bambu itu mulai tergantikan dengan ember.

Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Penaber, Senin (25/11/2019), sebanyak 300 Ghudek dihias dengan aneka jajanan tradisional sebagai suguhan bagi para undangan yang hadir di acara maulidurasul.

(Foto: BG/Abr)

Pengasuh Pondok Pesantren Penaber Kiai Mustafa dalam sambutannya menjelaskan, pemilihan Ghudek atau Ceppo sebagai wadah hiasan jajanan Maulid Nabi kali ini sebagai bentuk apresisasi atas pengarjin Ghudek yang belakangan ini mulai terancam punah karena tergantikan timba dan ember plastik.

“Kita harapkan acara ini dapat mengapresiasi terhadap pengrajin Ghudek yang mulai putus asa,” tuturnya.

Kiai Mustafa berharap acara serupa juga masih bisa berlanjut tahun depan, bahkan mampu menyerap lebih banyak lagi Ghudek. “Kalau bukan kita yang mengapresiasi pengrajin Ghudek, lalu siapa lagi,” tandasnya. (abr)

No Response