Prinsip dan Idealisme Mahbub Djunaidi, Sang Pendekar Pena

Mahbub Djunaidi. (Foto: detiknews)

Mahbub Djunaidi adalah manusia biasa, dalam menjalani kehidupan, beliau orang yang sederhana dan apa adanya. Dalam hal idealisme yang kokoh bagaikan batu karang, susah ditiru oleh siapapun.

Hari ini, kita bisa saksikan sendiri dengan mata kepala kita, banyak para politisi, seniman, wartawan maupun pimpinan organisasi mahasiswa yang terbuai akan kekuasaan, dan malah ikut dalam menyumbang permasalahan yang sampai saat ini sangat sulit untuk diberantaskan.

Jika saat ini para politisi, seniman, wartawan dan pimpinan organisasi mahasiswa sibuk mendekatkan diri pada kekuasaan, Mahbub Djunaidi yang juga pernah menjadi politisi, seniman, wartawan dan pimpinan organisasi justru tidak memanfaatkan jabatan atau karirnya untuk mengumpulkan harga sebanyak-banyaknya.

Dalam situasi negeri yang karut marut dengan pertarungan ego dan perebutan kekuasaan, karena idealisme mereka sudah pudar bahkan bisa dikatakan sudah hilang. Oleh karena itu, wajar jika pers Jakob Oetama mengatakan bahwa Mahbub Djunaidi adalah orang yang mempunyai prinsip demokratis, moderat dan tidak pernah mencerca lawan-lawannya, berbeda dengan politisi saat ini.

Prinsip dan idealisme seperti yang dimiliki Mahbub Djunaidi sangatlah sulit dicari untuk saat ini, karena saat ini kebanyakan orang jika sudah ada dalam pusaran kekuasaan akan memanfaatkan kedekatannya, bahkan sudah menjadi lumrah jika orang-orang yang dekat dengan kekuasaan ikut menimbun harta dengan cara tidak wajar (korupsi).

Dan semoga dibalik rekam jejak Mahbub Djunaidi dapat menginspirasi banyak orang terutama generasi muda. Cita-cita leluhur untuk memajukan bangsa ini hanya dapat diraih dengan kejujuran nurani yang mengedepankan kepentingan rakyat atas segala-galanya.

Dan Mahbub Djunaidi, sepanjang hayatnya sangat konsisten pada kejujuran nuraninya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat demi kemajuan negeri yang dicintainya. Bahkan tetap bergema melalui karya-karyanya.

Nasrin Hasan
(Ketua PK. PMII Atas Langit Daruttaqwa Gresik)
No Response